beat karbu spion kaze adalah yang paling mantep untuk selap-selip (jangan ditiru), hehehe |
Halo Brosis
Spion merupakan salah satu piranti keamanan yang
berguna untuk melihat view/ pandangan di belakang, berguna saat hendak menyalip
atau berbelok. Bentuk spion di motor khususnya bermacam-macam, bahkan setiap
motor bisa saja berbeda.
Mulai dari yang tangkainya panjang sampai yang pendek,
jenisnya pun berkembang semakin variatif setiap tahunnya. Dari yang bundar
bergaya vintage sampai yang kotak persegi pun ada.
Akan tetapi sejauh mata memandang ada satu spion motor
yang sangat digemari hingga kini, ya spion motor kawasaki kaze. Motornya
fenomenal di masanya dan spionnya pun tetap fenomenal sampai saat ini.
Alasan utama pengguna motor beralih ke spion kaze tentu
karena ukurannya yang pendek, memudahkan saat selap-selip di kemacetan. Lalu
harganya juga terbilang muuurah mau yang kw 20 ribu sepasang sampai orinya
paling mahal 80 ribu sepasang.
Bedanya kw dengan orisinil ? ya beda dong, kalau ori
ente ketok back cover nya atau saat senggolan kaca nggak akan copot/ pecah,
tapi kalau kw coba ente ketok2 belakang kaca beberapa kali pasti ambyar,
hehehe. Terus dudukan kaca ke gagang gampang longgar kalau yang kw.
Nggak semua motor nyaman
Ya ini merupakan catatan penting, memang bentuk spion
yang pendek dan kaca yang cukup sangat menguntungkan di buat selap-selip di
kemacetan. Akan tetapi secara fungsional dasar spion yaitu melihat ke belakang
nggak semua motor cocok.
Motor apa yang cocok ?, ya tipikal yang tinggi dan
lebar stangnya nggak jauh dari kaze, bjr pernah pakai spion ini di beat karbu,
mx, vega new, vega lama, supra x 125, dari kelima motor tersebut rasanya hanya
beat, vega new, dan vega lama yang cocok pakai spion kaze lainnya nggak
recomended blas.
Mx bjr si masih pakai ini tapi ya Cuma buat syarat biar
nggak ketilang, tapi soal fungsionalitas ?, nggak fungsi sama sekali.
ane mah standariyah saja lebih aman, hehehe |
Last memang spion kaze masih menjadi spion yang di
gemari sampai saat ini, dimensinya yang pendek dan kecil, harganya yang murah
memang menjadi alternatif bagi yang nggak demen spion standar, tapi tentu
sebagai bikers yang baik spion standart bawaan motor lebih fungsional, memang
panjang, dan merepotkan tapi buat tengok ke belakang 100% nggak masalah, toh
demi keselamatan bersama di jalan raya.
Semoga bermanfaat.
Pendek kurang memuaskan... wkwkwk
BalasHapustapi unyuuuu, hehehehe
Hapus