Halo Brosis,
Masih dalam hiatus, sebenarnya bjr pingin bikin artikel
tentang roda 4, tapi nggak ada bahan sama sekali, mau di review ya mobilnya
siapa yang di review, hehehe.
Selama hiatus bjr lebih mengakrabi tontonan anime, ya
sekali-kali menikmati tontonan kartun masa kecil. Salah satunya yaitu initial
D, yang baru saja tamatin nontonnya.
Terdiri dari stage 1-6, 3 movienya, dua extra stage dan
1 batle stage. Ya anime yang menceritakan mobil AE86 dengan pengemudinya yaitu
Takumi Fujiwara. Anime ini sebenarnya sangat recomended disamping jalan
ceritanya yang gampang dicerna, sedikit banyak juga bisa menambah pengetahuan
tentang mobil.
- Review Kereta Api Jayakarta Premium, Ekonomi Rasa Eksekutif
- Review Kereta Api Bisnis Gumarang, Satu-Satunya Jakarta-Surabaya
- Review Kereta Api GBMS, Termurah Surabaya-jakarta
- Review Pemakaian Xiaomi Redmi Note 4, Baterai Awet Parah
- Review Asus Max Pro M1, Worthed Tapi Gak Bagus-Bagus Amat
- Review Pemakaian Oli Amsoil Diesel Turbo Truck
- Review Pemakaian Oli Total Quartz 9000
- Review Mifi ZTE MF 90
Kalau bjr ceritakan si jagoan akina ini bisa-bisa jadi
tulisan yang panjang, maka dari itu bjr lebih tertarik untuk membahas
mobil-mobil yang ada di Initial D ini, cekidot.
no lose |
Toyota AE86,
Bicara Initial D tentu ya hampir sepanjang cerita ada
ini mobil, AE 86 sebenarnya mempunyai beberapa tipe, untuk lebih jelasnya berikut
tipe2 nya,
Trueno GT Apex, jenis hatchback 3 pintu yang sekaligus
menjadi tunggangan si Fujiwara Takumi, dengan jenis lampu depan model pop up,
bermesin 1600cc DOHC 4A-GE 16 Valve, output daya standartnya 125 HP. Dalam
stage 2 si AE86 Takumi engine nya jebol, alhasil diganti pakai mesin 4A-GE
1600cc DOHC tapi dengan Valve 20 serta berdaya 240 HP !.
punya wataru putih |
Levin GT Apex, Mobilnya Wataru, muncul di stage 2 dalam
anime initial D, Levin masih sama seperti Trueno, hanya berbeda lampu depan
yang tidak menggunakan model pop up dan lebih berat 10kg, mesinnya pun sama,
tapi oleh si wataru dipasang turbo, kemudian di stage ke 4 dimodifikasi lagi
dengan supercharged, output yang dihasilkan saat dengan turbo mencapai 290 hp,
dan 250 dengan supercharged.
86 dua pintu |
Trueno 2 Pintu GT Apex, jenis lain dari 86 yaitu
berjenis sedan 2 pintu, mobil ini muncul di stage 5-6 dalam anime, punya si
Shinji Sidewinder, mesin sama berkode 4A-GE berdaya 125 HP, standart sih tapi
sukses membuat Fujiwara takumi menggeber AE86 nya sampai 13 ribu rpm dan
berakhir blow engine (meskipun menang).
praktis dan mudah dikendarai |
Subaru WRX Imprezza, Mobil bapaknya Takumi yaitu Bunta
Fujiwara, di serial anime stage 4, 86 telah diberikan sepenuhnya kepada Takumi,
untuk itu Bunta membeli mobil, katanya sih mobil yang nggak ngerepotin dan
mudah dikendarai. Tapi yang dibeli adalah Subaru WRX Impressa mobil 4WD yang
bermesin Boxer 2000cc dengan tenaga mencapai 300 HP, benar-benar sesuai crazy
bunta, hehehe.
hachigo |
Toyota AE85, mobil yang dari luar sekilas mirip dengan
AE86 levin, berjenis hatchback, tapi sebenarnya keduanya berbeda, karena Hachigo (85) ini, merupakan versi hemat
dari 86, ya meski sama2 RWD tapi 85 masih menggunakan engine 1500 cc SOHC
dengan output tenaga hanya 83 HP, akan tetapi di stage 4 si Itsuki memasang
turbo di 85 dan sukses menaikkan tenaganya sampai 150 HP.
ryosuke takahashi |
Mazda Rx 7 FC3S, Mobil keluaran lama milik Ryosuke
Takahasi yang merupakan pemimpin dari Project D dan Red Suns, mobil ini sekilas
memang tampak klasik bertipe sedan 2 pintu minim lekukan. Enginenya khas mazda
yaitu Rotary 1300 CC, kecil sih tapi mesin rotary dengan kubikasi sekecil itu
sudah sanggup mengeluarkan tenaga standart menacapai 200 HP, dan bisa di tuned
sampai 350 HP.
fd |
FD3S, ada 2 pengguna FD di Initial D yaitu FD Kuning
milik Keisuke Takahasi dan FD hitam milik Ryoko (stage 4). Dalam keadaan
standart mobil ini berdaya 260 HP, dan dengan twin turbo sampai 340 HP, tak
heran jika mobil ini menjadi raja tanjakan setelah mengalahkan beberapa mobil
dengan spek di atasnya.
mobil paling tinggi hpnya |
Nissan GTR 32, Nakazato dan Rin Hojo adalah 2 orang dalam
anime yang menaiki mobil 4WD bermessin 2500 cc ini. GTR R32 merupakan mobil
keluaran Nissan dengan output tenaga mencapai 300 HP lebih, bahkan milik Rin
hojo di tuned mencapai 650 HP, meskipun
begitu 2 mobil ini bisa dikalahkan AE86 dan Fd.
r34 kaki dewa Kozzo Hoshino |
Nissan GTR R34, messin RB series memang tidak ada
habisnya, begitu pula dengan R34 milik Hoshino Kozzo si kaki dewa yang muncul
di stage 4, dengan output 500 HP merupakan ahli tanjakan dan turunan di
ibaraki, tapi lagi2 tetap kalah oleh mobil dengan tenaga di bawahnya (kalah
oleh Keisuke).
Midship milik Kogashiwa |
Toyota MR (SW20 & ZZW 20), kalau ada yang duel
dengan ae86 dua kali dan kalah ya hanya Kai Kogashiwa, anak dari Kogashiwa Ken
yang merupakan rival Bunta Fujiwara. Dengan mobil midship (mesin di tengah) kai
kalah di bukit Iroha dengan SW20 mobil bapaknya yang bertenaga 180 hp, kemudian
di juga kalah dengan zzw yang telah memakai engine swap 2zz bertenaga 290hp.
2jz men, |
Toyota Supra, mesin 2JZ sangat populer di Indonesia
karena kerap di pasang di mobil yang biasanya buat ngepot (ngedrift). Mesin 6
silinder 3000cc ini mampu menghasilkan 320 hp, dan 2JZ merupakan mesin yang ada
di toyota supra, di initial d anime muncul di stage ke 5.
mx 5 first gen, kawaaaiii |
Mazda mx5, mobil bertipe roadster coupe bermesin 1600cc
yang bertenaga 170 hp ini menjadi lawan pertama project d di stage 4, body
memang kecil khas roadster tapi tohru memodifikasi dengan menaikkan kubikasi
mesin menjadi 1800 cc, alhasil sempat dibuat kerepotan, tapi karena berusaha
meniru teknik selokan takumi akhirnya mx5 terpental berputar 360 derajat. Sampai
saat ini pun mobil dengan nama lain miata
ini masih dijual loh di Indonesia, bagi yang punya uang 600 juta nganggur
silahkan dipinang, hehehe
di Indonesia dikenal estillo dengan penyesuaian di bagian mesin, heheh |
Honda Civic EG6, mobil ini muncul di stage pertama
batle ke 3, mobil FF (Penggerak roda depan) ini merupakan buatan honda yang
memang jago dalam hal mobil berpenggerak depan. EG6 merupakan mobil hatcback
bermesin B16 1600 cc DOHC yang berdaya hp, kalau di indonesia mobil ini dikenal
estillo, bentuknya sama persis hanya mesin yang lagi2 di downgrade karena
menganut SOHC. Tapi jangan salah loh di Indonesia meski harga barunya dulu
lebih murah dari genio (civic sedan) tapi saat ini harga bekasnya super mahal.
toudou school |
Honda EK 9, sama seperti civic type r mesinnya
berkubikasi 1600cc yang sanggup mengeluarkan output sampai 220 (tuned), beda
dengan civic type r, ane juga masih nggak tahu, hehehe. Bisa dibilang hampir
sama lah dengan civic type r, dan sama2 bewarna kuning.
Honda Civic Type R, bisa dibilang civic type R adalah
mobil FWD terkencang di dunia, mobil yang dipakai pembalap pro dari tim sekolah
toudou ini bisa dikata menjadi salah satu lawan terberat ae86 takumi, karena
dengan mesin 1600cc berdaya 220hp, belum lagi versi tuned yang digunakan dalam
anime sukses membuat 86 menang hanya karena keberuntungan, tapi tetap saja
menang, hehehe.
paling eksotis |
Honda NSX, Mobil Go hojo yang muncul di stage 5 dan 6
ini merupakan lawan terakhir keisuke. Bertipe Midship seperti halnya SW 20.
Mesin mobil ini berkonvigurasi V6 3000cc yang mampu menghasilkan tenaga 270 HP,
satu2 nya mobil jepang yang desainnya nggak kalah dari mobil sport eropa.
paling kecil dan teringan |
Suzuki Capuccino, kei car atau yang disebut mobil
kecil, bukan lcgc macam di indonesia, satu-satunya perwakilan suzuki di anime
ini. Meski kecil dan bobotnya hanya 700kg, mesinnya memang kecil juga
berkapasitas 650cc dengan output 130hp (standart 65hp). Saat 86 vs Capuccino
dalam balapan downhill dan cuaca hujan, keisuke berkata “tidak ada settingan
mobil yang mengalahkan berat kendaraan yang ringan”, jelas capuccino bukan
sekadar mobil ringan dan kecil eiits jangan disamakan dengan lcgc loh, hehehe
(just kidding).
tangan tuhan Joshima Toshiya |
Honda S2000, Mobil milik Joshima Toshiya yang di juluki
si tangan tuhan karena mengendalikan stir hanya dengan satu tangan !. honda
S2000 merupakan mobil yang berkubikasi 2000 cc bertipe FR yang sanggup
mengeluarkan tenaga sampai 250 hp yang di dapat dari mesin berkonfigurasi 4
silinder. Bisa dibilang lawan terberat ae86 takumi, karena pertandingan sampai
8 babak sampai pada akhirnya terhenti karena Joshima yang muntah.
s13 paling jago ngedrift |
Nissan Silvia S13, Mobil berkapasitas 1800 cc ini milik
Iketani, senpai atau senior Takumi Fujiwara sekaligus rekan kerja di SPBU.
Pemimpin Akina Speed Stars, meski mobilnya bertenaga 175 HP tapi skillnya 11-12 dengan itsuki.
SR 20 DE |
Nissan Silvia S14, Mobil yang menggunakan engine SR20
DE (Non Turbo) yang amat populer di kalangan drift di Indonesia (mesinnya
doang, hehe), di anime mobil ini milik Kenta salah satu anggota red suns, meski
bertenaga 170 HP tapi tetap saja di stage 1 kalah telak oleh AE86 takumi dalam
kondisi cuaca hujan.
silvia paling modern |
Nissan Silvia S15, muncul di stage 5 milik Hiroya,
mobil yang setingkat lebih dari S13 ini mampu mengeluarkan tenaga sampai 250
HP, dengan mesin 2000cc Turbo berkode SR20DET tetap saja masih bukan lawan
sepadan bagi AE86 Fujiwara Takumi.
lone driver sejati kenji |
Nissan S180 Sx, mobil milik Kenji Lone Rider yang juga
teman takumi,iketani, dan itsuki. Mobil bewarna putih ini bertenaga 200 HP
dengan mesin yang sama dengan Silvia yaitu SR20DET, meski begitu skill Kenji
yang 11-12 dengan iketani seakan membuat S180SX terlihat inferior.
dewi usui, mako chan |
Nissan S l80 (SilEighty), mobil bewarna biru dalam
anime initial D dikemudikan oleh Mako dengan Co Driver Sayuki, tercepat di
lereng Usui. Mobil yang notabenne menggunakan mesin sama dengan silvia yaitu
SR20DET tapi dengan tuned yang berbeda sehingga output tenaganya mencapai 230
HP. Berbeda dengan pengguna nissan serie S/ Sillvia di Initial D, SilEihty Mako
& Sayuki bisa dibilang yang tercepat, meski masih kalah oleh 86 milik
Fujiwara, akan tetapi di extra stage mampu mengalahkan lan evo.
fairlady |
Nissan 350Z, mobil dengan sebutan fairlady yang digunakan Ryuji sang teori nol muncul di stage 5,
akan tetapi kalah oleh keisuke, 350z merupakan mobil yang menggunakan engine
3500cc V6 yang telah di tuned oleh Ryuji sampai 305 hp.
jagoan reli |
Mitsubishi Lancer Evo 3 & Evo 4, Selain Nissan
Skyline series dan Subaru WRX, Lancer 3 yang juga merupakan mobil 4wd merupakan
mobil yang ada di anime. Evo 3 milik Sudo Kyoichi dari tim emperror ini
bermesin 2000 cc yang mampu mengeluarkan 270 HP (stock) dapat ditingkatkan
sampai 350 hp. Akan tetapi meski 4WD Turbo dengan dibantu Missfiring system tidak cukup untuk mengalahkan 86, evo 4 takluk di
Akina, sedangkan evo 3 malah takluk di Iroha, tapi tetap saja karena evo 3
mesin 4A-GE 16 V 86 takumi jebol karena dipaksa berputar sampai batas maksimal.
miki driver |
Toyota Celica GT 4, Mobil berkubikasi 2000 bertenaga
255 HP ini tetap saja dapat disalip oleh AE86, muncul hanya sekali di stage 3,
mobil ini milik Miki senior takumi yang juga mantan dari Mogi Natsuki.
Lexus IS |
Toyota Altezza, lebih tepatnya sih Lexus IS, mobil
silver bermesin 4 silinder 2000cc ini mampu mengeluarkan tenaga mencapai 210
HP, di anime muncul di stage 4 milik Nobuhiko.
satu2 nya eropah di initial d |
Mercedes Benz E Class, satu-satunya perwakilan mobil
eropa di Initial D, muncul di stage 1-3
dan movie 1-3. Akan tetapi bukan buat balapan downhill atau naik gunung, karena
mobil 6 silinder berkubikasi 3000cc ini hanya bertenaga 130 sekian HP, gak buat
balap sih, tapi nyaman buat kencan dengan cabe-cabean Mogi Natsuki.
- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
Yup initial d memang kaya akan mobil2 eksotis jaman
dahulu, hehehe. Sepengetahuan bjr sih yang baru katamin animenya ya mobil2 di
atas itu yang ada di anime initial d. So jadi mobil favorit mu yang mana masbro
? hehehe.
Semoga bermanfaat
nb, maaf gambar warna mobil nggak sama persis seperti di anime, hehehe
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Wangan Midnight udah khatam belum, gan?
BalasHapusbelum gan, bagus juga kayaknya , tapi dengan initial d memang beda banget
HapusNice bgt dh info nya..
BalasHapusreview nya mantep
BalasHapussugoii !!, thx for thiss
BalasHapus