googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Teknologi,Menjauhkan atau Mendekatkan ?

Teknologi,Menjauhkan atau Mendekatkan ?

Sengaja kali ini saya menulis tentang tekonologi sesuatu yang tentunya sangat seru bila dilihat potensi kedepannya.Teknologi tentunya sangat diperlukan manusia sekarang ini karena teknologi diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia.Terciptanya teknologi tentunya bebarengan dengan revolusi Industri yang terjadi di Inggris sekira abad 18 Silam tepatnya ketika mesin uap ditemukan.

Akan tetapi disini saya tidak akan membahas lebih jauh tentang mesin uap,mesin giling.Lebih tepatnya (saya persempit) yaitu teknologi Internet dan perangkat yang menghubungkannya (Gadget) , saya akan membahas dampaknya yang telah terjadi di masyarakat yang menggunakanya.

Suatu waktu saya pernah membaca komentar disalah satu berita di situs berita online yang saya ingat kurang lebih begini “internet ataupun gadget itu sebenarnya mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat”.Sepintas bagi kebanyakan orang tentunya komentar macam itu biasa saja.Akan tetapi jika diteliti lebih jauh memang ada benarnya juga komentar macam itu!.

Kita lihatlah saja gadget yang beredar di pasaran sudah seperti kacang goreng saja atau bahkan bisa melebihi jumlah kacang goreng di dunia ini (hahaha).Hal itu tentunya memudahkan bagi kita semua untuk berkomunikasi baik yang jauh disana akan tetapi yang dekat belum tentu,loh kok bisa.Ya inilah ya fenomena yang saya tangkap belakangan ini internet seakan menjauhkan kita dari orang yang seharusnya dekat dengan kita,ya coba saja perhatikan seberapa intens hubungan anda katakana dengan orang terdekat anda (adik atupun orangtua anda) sebelum dan sesudah anda memiliki gadget dan menggunakan Internet.

Berkurang Pasti ,meskipun saya yakin tidak semuanya dari yang membaca tulisan ini sependapat dengan saya.Berkurangnya waktu interaksi terhadap orang terdekat kita memang tidak kita sadari secara langsung karena hal itu biasanya bebarengan dengan bertambahnya kesibukan kita seiring bertambahnya umur kita.Akan tetapi secara tidak sadari hal itu salah karena ketika ada waktu selang ketika kita berkumpul dengan anggota keluarga kita hal terjadi adalah seakan ada sesuatu yang menghalangi untuk berinteraksi secara lapang tanpa ada hambatan.

Sebagai contoh :Ketika saya nongkrong bersama teman saya di salah satu tempat makan,saya melihat suatu fenomena yang sedikit aneh yaitu ketika ada keluarga yang terdiri dari ayah,ibu dan dua orang anak yang beranjak dewasa + 1 mungkin lagi tantenya/budenya ataupun apalah (gak tahu soalnya nggak nanya hehehe) sekilas mungkin keluarga itu mungkin wajar akan tetapi fakta yang saya lihat dilapangan berbeda dengan apa yang ada dibayangan kita ketika anggota sekeluarga hangout makan diluar yaitu ketika hampir seluruh anggota keluarga tersebut sibuk dengan gadgetnya masing-masing,sang anak sibuk dengan BB nya lalu sang ayah asyik ngobrol lewat hpnya dan hanya ibu dan 1 orang yang entah itu tabte/budenya yang tidak sibuk dengan gadgetnya (ngrumpii,hahaha).

Tentunya fenomena seperti ini tidak hanya terjadi seperti apa yang saya lihat,mungkin masih banyak hal seperti ini dibelakang,samping,depan saya yang tidak saya ketahui seperti yang saya lihat tadi.Tentunya ini sangat tidak sehat bagi hubungan kita dengan orang terdekat jika hal ini terjadi pada diri kita.Seharusnya kita semua bijak dalam memanfaatkan teknologi agar tidak menimbulkan efek yang buruk bagi hubungan kita dengan orang yang dekat dengan kita.Berikut ini saya juga menyertakan tips untuk menghindari gejala seperti ini :

a. Jika anda sedang berkumpul dengan orang terdekat anda saudara/orang tua sebisa mungkin untuk meminimalisir penggunaan gadget.

b. Sewaktu Hangout dengan teman seperti ngopi/nongkrong jangan menggunakan gadget secara berlebihan (laptop,chating lewat hp,dll),hal itu tentunya akan mengurangi interaksi anda dengan teman anda dan bisa saja ada teman yang tersinggung dengan tingkah laku anda yang GENDENG dalam menggunakan gadget anda.

c. Hindari Hal yang berbau meremehkan teman bicara anda,dalam hal ini bisa waktu anda mendengarkan lagu lewat gadget anda sewaktu anda mengobrol dengan lawan bicara anda.

d. Gunakan gadget tepat pada waktu dan tempatnya,dalam hal ini anda harusnya tahu tempat jika menggunakan gadget anda secara berlebihan.Semisal anda sedang Nongkrong dengan teman lama anda,lalu anda sibuk sendiri dengan gadget anda,jika begini lebih baik anda dirumah dan mainkan Gadget anda sepuas anda daripada membuat acara nongkrong anda tidak lagi hidup.

e. Gunakan Seperlunya,waktu ada sms/telefon ketika anda sedang ngobrol dengan lawan bicara anda sebaiknya tetap buka sms/angkat telefon dan jawab seperlunya saja baru setelah selesai ngobrol anda bisa melanjutkan sms.

Terlepas dari segala permasalahan yang ada dari sindrom “dekat menjauhkan” ini juga perlu suatu kesadaran dari anda sendiri,tentunya akan lebih baik jika kita memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan tetap menjalankan komposisi yang berimbang antara penggunaan gadget anda dengan interaksi langsung anda dengan orang lain.SEMOGA BERMANFAAT.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar