googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Ganti Komstir Verza Kali Kedua Di Umur 5 Tahun

Ganti Komstir Verza Kali Kedua Di Umur 5 Tahun


komstir verza

Halo Brosis
Jalan berlubang apalagi di musim penghujan bukanlah sesuatu yang langka di Indonesia. Hampir di setiap daerah ada saja jalan yang lubang-lubang sana sini, tentu ini merupakan sebuah ironi mengingat ada jutaan nyawa yang lalu lalang di jalanan, tidak semestinya lubang-lubang menganga di jalan di biarkan.
Bagi sebagian bikers tentu saja buruknya kondisi jalan terkadang menjadi momok, selain berkendara menjadi bahaya, tak jarang pula kendaraan menanggung resiko. Itulah yang saya alami dimana akibat parahnya kondisi jalan, akhirnya si ve menyerah juga.
Yap, komstir si verza oblak, seakan memang tak sanggup lagi menahan gempuran jalan berlubang, memang kalau di hadapin jalan berlubang hanya dua pilihannya “ngeles dengan resiko crash dengan pengendara lain” atau “hajar saja dengan resiko motor menanggung impact-nya”. Kalau saya lebih milih opsi kedua.
Sebenarnya sudah sejak Januari lalu komstir si ve sudah menunjukkan gelagat kurang sehat, memang sejak musim penghujan kondisi jalan sangat parah tak usah memandang kota besar, toh mau itu jalan kota, jalan provinsi, atau jalan perkotaan sekalipun lubang ada di mana-mana. Saat itu saya setel saja komstir, memang agak sedikit kendor yang menyebabkan handling agak ajrut-ajrutan. Lah ternyata minggu lalu akhirnya saya putuskan untuk mengganti saja komstir si verza.

Berkendara dengan kondisi komstir oblak memang bukanlah sesuatu yang menyenangkan, handling ajrut-ajrutan, pengereman terganggu, bahkan untuk sekadar belok saja terasa ngebuang rasanya, apalagi di motor batangan macam verza sudah berat, tenaga tak seberapa pula, lengkaplah derita saat komstir oblak.


komstir honda verza

Kalau di runut sejak penggantian komstir akhir tahun 2015 lalu, jadinya umur komstir kurang lebih 30 ribuan km, sebuah angka yang lumayan sebenarnya. Tapi namanya juga motor dipakai bukan di diemin tentu harus siap menanggung segala resiko terburuk salah satunya ganti komstir

Untungnya saja harga komstir verza, sedikit agak bersahabat, saya tebus dengan harga 90 ribu rupiah. Sebenarnya niat mau pasang komstir bambu, tapi kok saya belum nemu merk yang tepat ya, kalau jenis komstir gl series (kode 041) sih sudah lebih banyak, sedangkan verza sendiri part komstirnya sudah sama seperti NMP dengan kode KTR yang sedikit lebih besar diameternya. Saya tak membayangkan jikalau harga komstir ve macam milik pabrikan lain yang berkali lipat lebih mahal harganya.



 Pasang, Sekalian Ganti Bosh Tromol dan Bearing Roda
Berbeda dengan penggantian komstir saat pertama dulu bebarengan dengan ganti seal oli shock, kali ini bebarengan dengan ganti bearing roda beserta bosh tromol depan belakang. Bearing roda saya ganti sekalian depan belakang mengingat sudah tepat setahun lalu terakhir kali ganti dan dugaan saya gak meleset memang oblak sebelah baik depan maupun belakang.


bosh tromol verza
kiri depan, kanan belakang
Di depan saya memakai bearing federal 6301 RS sedangkan belakang pakai HGP 6302 RS, sedangkan bosh tromol saya ganti karena terakhir kali lihat setahun lalu sudah berkarat efek kena air hujan yang meresap, jadinya sekalian saya ganti pikir saya. Harga bosh tromol depan verza sekitar 37 ribu rupiah dengan kode part 44620-400-000 sedangkan depan dengan kode part 42620-KSP-900 dibanderol lebih murah sekitar 18 ribu keduanya saya beli di ahass, oh iya indent 1 bulan, hehehe.
Proses pasang kali ini saya serahkan di bengkel langganan saya, non ahass/resmi tentunya yang bagi saya untuk masalah non mesin lebih baik dibanding ahass (note bagi saya). Proses penggantian komstir termasuk servis agak berat an butuh keterampilan lebih, istilahnya kudu telaten melepas komstir lama, dan tentunya menata bola2 gotri satu demi satu. Proses pengerjaan memakan waktu satu jam-an.
Setelah terpasang saya dipersilahkan test terlebih dahulu, ehhm lebih enak sih , tapi butuh penyesuaian beberapa hari seperti biasanya, si montir juga berpesan untuk kembali 3-4 hari setelah pemakaian agar komstir menyesuaikan terlebih dahulu, tapi jangan lebih 7 hari karena garansi servis maksimal 7 hari, hehehe.
Jadi jajan menu kali ini :
Komstir KTR 90 ribu
Bearing federal 6301 RS (2 biji) 24 ribu
Bearing HGP 6302 RS (2 biji) 55 ribu
Bosh tromol depan 37 ribu
Bosh tromol belakang 18 ribu
Ongkos Jasa Pasang 40 ribu
Total 264 ribu
Semoga Bermanfaat







2 komentar:

  1. bnyk jg part yg ganti yah, sbg rider mati rasa dan awam sy kebingungan gak ngerti part2 diatas kapan harus ganti... btw punya sy udh 4 thn 44rb km blm pernah ganti komstir, apa krna sy jarang ngerem yah ? sy bawa motor nya lambat banget dibanding org2

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap, cara berkendara juga pengaruh sering pakai rem depan apalagi dominan pakai rem depan, komstir lebih cepat, di samping kondisi jalan tentunya

      Hapus