googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Ganti Ban IRC NR25 100/90, Ban Standart Dapat Harga Diskonan

Ganti Ban IRC NR25 100/90, Ban Standart Dapat Harga Diskonan


Halo Brosis
Menjelang usia 4 tahun verza bulan depan, ternyata verza sudah mulai minta jajan lagi, kali ini beberapa hari terakhir saya merasa bagian belakang motor terasa kehilangan grip.
Ketika saya cek Shock belakang masih normal, belum ada gejala bocor atau semacamnya, cek bearing juga demikian masih normal. Akan tetapi setelah cek di bagian ban belakang, ternyata ini biang masalahnya.
Ban belakang verza menggunakan ban IRC NR25 ukuran 100/90, ya setelah icip2 michelin pilot street yang sangat peformanya luar biasa 1,5 tahun lalu saya putuskan kembali memakai ban ukuran standart, celakanya saat beli di bengkel, saat itu saya dapat ban dengan produksi yang tergolong tua (2012), bahkan lebih tua dibandingkan umur motor (2013).
Karena memang butuh , ya saya tebus saja dengan mahar 245 ribu. Sampai saat ini umur ban saya pakai 1,5 tahun tapi jika di runut dari tahun produksi ini ban sudah berumur 5 tahun lebih.
Masalah utama ban dengan umur lama memang seperti yang saya alami, yaitu ban mengeras dan cenderung retak-retak, meskipun ban ini bisa di bilang kuat karena belum pernah bocor sama sekali, kembangan ban juga sebenarnya masih tebal, ketika saya cek threat wiper atau indikator keausan ban yang ada di tengah  masih belum habis.


Jika dipakai normal tidak ada masalah sebenarnya, hanya memang harus kompromi dengan grip ban yang ala kadarnya, tidak nyaman dengan kondisi ini, maka sebelum lebaran lalu diputuskan saya untuk membeli ban.
Kembali Pakai
Sempat bimbang akan memilih ban apa, mau naik satu strip kok ya agak jipper mengalami penurunan peforma, terlebih ukuran velg belakang yang 2,5 inch juga hanya sedikit pilihan yang pas. Saat saya cek sana-sini akhirnya ada 3 pilihan pakai ban standart 100/80, 100/90 atau 110/80.
 kenapa kok gak pakai 110/70 seperti michelin pilot street seperti dulu ?, simple motor pekerja keras pakai ban profil pendek (tinggi 70) gak nyaman saat digunakan di jalan mix. Begitu juga ukuran 100/80 yang pilihan di pasaran termasuk banyak, akan tetapi saya pernah lihat nmp/verza pakai ban ukuran 100/80, menurut saya terlihat kecil dan pendek.
Kenapa tidak 110/80 ?,  ini sebenarnya alternatif terbaik jika ingin upgrade ban dengan velg 2,5 inch, tapi pilihannya sangat sedikit (sama dengan profil 110/80) kalaupun ada harganya setara dengan ukuran 120/70. Pilihan alternatif OEM ukuran 110/80 sebenarnya ada yaitu ban belakang OEM ninja RR (2 tak), akan tetapi belum tubless.
Seelah menimang-nimang termasuk juga saya harus kompromi dengan kebutuhan lainnya, maka keputusan terbaik dengan kondisi dan pemakaian ala saya, maka diputuskan pakai ban ukuran standart 100/90.



Masalahnya kemudian cari ban irc NR 100/90 ring 17 tubless itu susahnya minta ampun, jika ada pun ada kemungkinan dapat produksi lama seperti dulu kembali terulang, terlebih ban ini memang kurang populer, dan jarang ada pemakai verza/new megapro yang pakai ban oem ini kembali.
sangat murah plus "diskon pastinya"
 Untungnya teringat blibli.com dan setelah saya cek ternyata alhamdulillah Ada harga 230 ribu rupiah, dan setelah klik beli ternyata ada kupon potongan 15% jadinya saya hanya membeli ban IRC NR25 100/90 dengan harga Rp. 19.0500, sebuah nominal yang amat sangat terjangkau plus gratis ongkos kirim pula.
 Yeee, dapat ban produksi 2017 !!
Selang 6 hari kemudian ban pesanan saya baru datang, agak telat 2 hari dari waktu estimasi, tetapi mengingat harga yang saya bayar plus ongkos kirim yang gratis telat 2 hari bukan masalah berarti bagi saya.
O iya ini kali ke 2 saya beli ban motor di blibli.com, setelah datang, cek bungkus mantap jiwa rapi bener, dan setelah membuka plastik penutup ban, langsung saya cek ke bagian dinding ban untuk lihat kode produksi, ternyata
termasuk "produksi baru"
“2217”
Artinya ban di produksi di tahun 2017 minggu ke 22, iseng bagi angka 22: 4 (satu bulan 4 minggu), maka di dapat angka 5,5 artinya ban ini kurang lebih di produksi di bulan Mei (bulan ke 5) tahun 2017,
artinya
“ saya beli ban dengan harga murah, gratis ongkos kirim ke Sidoarjo dengan sistem pembayaran COD (bayar di tempat), dan barang yang saya dapat adalah barang produksi baru” , seraya Cuma bisa bergumam dalam hati  “nikmat dan kemudahan mana yang kau dustakan” (alay mode on), hehehe. 
Impresi
Baru seminggu yang lalu ban ini kemudian saya pasang, impresinya sudah pasti handling motor jauh lebih baik, grip ban ke aspal mantap, meskipun ini ban OEM memang compound-nya keras (hard), tapi dengan profil yang tinggi (90) jadi aman saja saat hajar lubang.



Di jalan aspal memang biasa saja, pun demikian saat jalan basah juga gak istimewah, tapi saat bertemu jalan mix (gak enak) atau hajar poldur maupun riding di bahu jalan, motor terasa stabil dan gak bikin rider mules karena ban profil tinggi lebih baik saat meredam guncangan.
So, sebenarnya tulisan ini 50% adalah mengenai ban, dan setengahnya lagi berbagi rasa puas belanja (beli) ban dengan harga murah plus kelebihan-kelebihan di atas, indahnya berbagi
Semoga Bermanfaat


2 komentar:

  1. mantap bang... update terus tentang verza... tiap googling apapun soal verza pasti nemu blog ini bang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip mantap, punyanya yah verza jadi mau gak mau jadi bahan utama, hehehe, thanks sering2 mampir gan

      Hapus