Halo Brosis
Menjelang usia 4 tahun verza
bulan depan, ternyata verza sudah mulai minta jajan lagi, kali ini beberapa
hari terakhir saya merasa bagian belakang motor terasa kehilangan grip.
Ketika saya cek Shock
belakang masih normal, belum ada gejala bocor atau semacamnya, cek bearing juga
demikian masih normal. Akan tetapi setelah cek di bagian ban belakang, ternyata
ini biang masalahnya.
Ban belakang verza
menggunakan ban IRC NR25 ukuran 100/90, ya setelah icip2 michelin pilot street
yang sangat peformanya luar biasa 1,5 tahun lalu saya putuskan kembali memakai
ban ukuran standart, celakanya saat beli di bengkel, saat itu saya dapat ban
dengan produksi yang tergolong tua (2012), bahkan lebih tua dibandingkan umur
motor (2013).
Karena memang butuh , ya
saya tebus saja dengan mahar 245 ribu. Sampai saat ini umur ban saya pakai 1,5
tahun tapi jika di runut dari tahun produksi ini ban sudah berumur 5 tahun
lebih.
Masalah utama ban dengan
umur lama memang seperti yang saya alami, yaitu ban mengeras dan cenderung
retak-retak, meskipun ban ini bisa di bilang kuat karena belum pernah bocor
sama sekali, kembangan ban juga sebenarnya masih tebal, ketika saya cek threat wiper atau indikator keausan ban
yang ada di tengah masih belum habis.Jika dipakai normal tidak ada masalah sebenarnya, hanya memang harus kompromi dengan grip ban yang ala kadarnya, tidak nyaman dengan kondisi ini, maka sebelum lebaran lalu diputuskan saya untuk membeli ban.
Kembali Pakai
Sempat bimbang akan memilih
ban apa, mau naik satu strip kok ya agak jipper
mengalami penurunan peforma, terlebih ukuran velg belakang yang 2,5 inch juga
hanya sedikit pilihan yang pas. Saat saya cek sana-sini akhirnya ada 3 pilihan
pakai ban standart 100/80, 100/90 atau 110/80.
kenapa kok gak pakai 110/70 seperti michelin
pilot street seperti dulu ?, simple motor pekerja keras pakai ban profil pendek
(tinggi 70) gak nyaman saat digunakan di jalan mix. Begitu juga ukuran 100/80
yang pilihan di pasaran termasuk banyak, akan tetapi saya pernah lihat
nmp/verza pakai ban ukuran 100/80, menurut saya terlihat kecil dan pendek.
Kenapa tidak 110/80 ?, ini sebenarnya alternatif terbaik jika ingin
upgrade ban dengan velg 2,5 inch, tapi pilihannya sangat sedikit (sama dengan
profil 110/80) kalaupun ada harganya setara dengan ukuran 120/70. Pilihan alternatif
OEM ukuran 110/80 sebenarnya ada yaitu ban belakang OEM ninja RR (2 tak), akan
tetapi belum tubless.
Seelah menimang-nimang
termasuk juga saya harus kompromi dengan kebutuhan lainnya, maka keputusan
terbaik dengan kondisi dan pemakaian ala saya, maka diputuskan pakai ban ukuran
standart 100/90.
Masalahnya kemudian cari ban
irc NR 100/90 ring 17 tubless itu susahnya minta ampun, jika ada pun ada
kemungkinan dapat produksi lama seperti dulu kembali terulang, terlebih ban ini
memang kurang populer, dan jarang ada pemakai verza/new megapro yang pakai ban
oem ini kembali.
Untungnya teringat blibli.com
dan setelah saya cek ternyata alhamdulillah Ada harga 230 ribu rupiah, dan
setelah klik beli ternyata ada kupon potongan 15% jadinya saya hanya membeli
ban IRC NR25 100/90 dengan harga Rp. 19.0500, sebuah nominal yang amat sangat
terjangkau plus gratis ongkos kirim pula.
sangat murah plus "diskon pastinya" |
Selang 6 hari kemudian ban
pesanan saya baru datang, agak telat 2 hari dari waktu estimasi, tetapi
mengingat harga yang saya bayar plus ongkos kirim yang gratis telat 2 hari
bukan masalah berarti bagi saya.
O iya ini kali ke 2 saya
beli ban motor di blibli.com, setelah datang, cek bungkus mantap jiwa rapi
bener, dan setelah membuka plastik penutup ban, langsung saya cek ke bagian
dinding ban untuk lihat kode produksi, ternyata
“2217”
termasuk "produksi baru" |
Artinya ban di produksi di
tahun 2017 minggu ke 22, iseng bagi angka 22: 4 (satu bulan 4 minggu), maka di
dapat angka 5,5 artinya ban ini kurang lebih di produksi di bulan Mei (bulan ke
5) tahun 2017,
artinya
“ saya beli ban dengan harga murah, gratis ongkos kirim ke Sidoarjo dengan sistem pembayaran COD (bayar di tempat), dan barang yang saya dapat adalah barang produksi baru” , seraya Cuma bisa bergumam dalam hati “nikmat dan kemudahan mana yang kau dustakan” (alay mode on), hehehe.
Impresi
Baru seminggu yang lalu ban
ini kemudian saya pasang, impresinya sudah pasti handling motor jauh lebih
baik, grip ban ke aspal mantap, meskipun ini ban OEM memang compound-nya keras (hard), tapi dengan
profil yang tinggi (90) jadi aman saja saat hajar lubang.
Di jalan aspal memang biasa
saja, pun demikian saat jalan basah juga gak istimewah, tapi saat bertemu jalan
mix (gak enak) atau hajar poldur maupun riding di bahu jalan, motor terasa
stabil dan gak bikin rider mules karena ban profil tinggi lebih baik saat
meredam guncangan.
So, sebenarnya tulisan ini 50% adalah mengenai ban, dan setengahnya lagi berbagi rasa puas belanja (beli) ban dengan harga murah plus kelebihan-kelebihan di atas, indahnya berbagi
Semoga Bermanfaat
mantap bang... update terus tentang verza... tiap googling apapun soal verza pasti nemu blog ini bang...
BalasHapussip mantap, punyanya yah verza jadi mau gak mau jadi bahan utama, hehehe, thanks sering2 mampir gan
Hapus