Halo Brosis
“emang motor lu, motor
langka bro?”
“ngapain nyetok sparepart,
kayak gak ada yang jual apa?”
Beberapa pertanyaan di atas
adalah yang sering saya temui saat teman, kolega, atau bahkan orang tua saya
sendiri tahu saya demen “nyetok” sparepart di almari meja belajar saya.
Tentu saja kebiasaan/
tindakan nyetok sparepart seperti yang saya lakukan beberapa memang terlihat
“aneh” , wong motor ya masih di jual, di toko juga banyak yang jual (meski gak
semua sih), toh motornya bukan motor mahal, tapi Cuma motor murah yang sering
seliweran di jalan.
Okeh saya coba jelaskan
alasan mengapa saya sampai repot-repot nyetok sparepart
Sulit menabung uang untuk perawatan motor
Motor memang butuh perawatan
plus sparepart yang sudah pasti harus di ganti, celakanya saya bukan orang yang
mudah atau bahkan sulit untuk menyisihkan uang secara mendadak untuk biaya
perawaan motor di satu waktu.
Untuk itulah saya menyiasati
saat ada uang/rejeki lebih langsung saya belikan sparepart motor. Jadi kalaupun
tidak bisa pasang sendiri minimal ke bengkel Cuma sediakan ongkos pasang.
berguna di saat urgent |
Lebih hemat
Loh kok bisa,? Tentu saja
bisa, seperti saat saya ke bengkel buat beli kampas rem, biasanya saya langsung
beli 2 satu untuk langsung di ganti, satu lagi buat cadangan. Lebih hematnya
dari mana ?, pernah dalam rentang waktu selisih beberapa minggu saja tak jarang
harga bisa naik loh!.
Ya nominalnya sih kecil
sekitar 1000-2000 rupiah saja, tapi lumayan kan, apalagi tanpa perlu repot
bolak-balik ke bengkel.
Melatih feeling merawat motor
Contoh saat ini saya sudah
stock komstir verza, alasannya ? karena sudah beberapa bulan belakangan komstir
terasa sudah (akan) minta jajan lagi. Di sini saya berlatih untuk memahami
setidaknya (interval) ganti sparepart kendaraan.
Memang tidak semua bisa
berpatokan pada kilometer pemakaian untuk mengetahui batas umur/ ketahanan
sparepart, yang pasti feeling
pengendara adalah yang paling utama. Kembali ke komstir, setidaknya saat
benar-benar sudah sampai batas maksimal untuk ganti ke depan, saya hanya
menyediakan ongkos pasang saja.
Urgent
Pernah saat akan bepergian
jauh di pagi hari, malam hari sehari sebelum berangkat ternyata bolam lampu
putus, mau cari yang jual bohlam lampu malam hari dimana ? bisa beli besok pagi
sebelum berangkat sih, tapi dengan konsekuensi jadwal keberangatan sedikit
molor.
Untungnya saya punya stockcadangan lampu motor di rumah, akhirnya malam hari itu pula langsung saya ganti
dan sudah pasti jadwal berangkat esok pagi tidak perlu di reschedule. Note, khusus yang demen DIY, hehehe
slow moving parts |
Slow Moving Parts
Bosh arm, kampas kopling,
plat kopling, rantai keteng adalah beberapa contoh slow moving parts yang tidak
selalu tersedia di bengkel (kebanyakan resmi). Kalau pun di bengkel ada (ready
stock) kemungkinannya kecil, akhirnya mau tidak mau konsumen harus mengisi form inden.
Sedangkan tidak jarang juga
sparepart juga tidak bisa berkompromi dengan lama waktu inden, kalau pun di
paksa tentu tidak nyaman, bahkan bisa berakibat merembet merusak part lain.
Untuk itulah nyetock
sparepart bagi (saya) penting,
So ini memang alasan yang so
so menurut saya pribadi, tentu saja berdasarkan rasa aman, nyaman yang saya
dapat, kalau urgensinya menurut saya paling utama ada di poin pertama (saya
loh).
Tentu buat masbro atau
mbaksis yang bisa menganggarkan uang untuk perawatan motor sih gak masalah,
tapi buat saya yang “emoh kaget” saat mengeluarkan biaya besar di suatu waktu
sih pilihan nyetock sparepart adalah pilihan terbaik (setidaknya menurut saya
loh).
O iya kalau feeling ke motor
bagus saat servis besar bisa di siasati dengan mencicil beli sparepartnya.
Semoga Bermanfaat
Tambahan
Motor discontinue/ motor langka wajib nyetock sparepart,
bisnis !
Pernah di suatu waktu teman
saya yang demen mainan motor, di mendapat titipan motor nsr dan di beri mandat
oleh yang punya motor buat ganti per kick stater dan beberapa part lain. Langsung
saja ubek2 ke bengkel seluruh kota/ kabupaten hasilnya “ora nemu”.
Hingga pada akhirnya
menemukan satu bengkel khusus motor nsr dan kata si empunya bengkel sekaligus
penjual sparepart, jika seluruh sparepart motor nsr se kabupaten dan kota
tetangga sudah dia tebas habis (beli semua).
Tentu saja mau tidak mau
hampir semua pemilik nsr series di kota/kabupaten bjr tinggal hanya punya satu
jujukan penjual/ bengkel. Wah kalau ini mah bisa buat ladang bisnis ternyata.
Untung saja harganya masih dalam batas wajar, lebih mahal sudah pasti tapi
untuk keaslian dan selisihnya masih dalam batas wajar, terlebih yang jual juga
pecinta nsr.
So itu hanya cerita salah
satu motor langka / discontinue, ternyata nyetock sparepart bisa juga buat
ladang bisnis loh, asal harga wajar sih nggak masalah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar