googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu

Bajaj VS 400, Masuk Indonesia kah ?

Halo Brosis


berita dari otosia yang mengabarkan bahwa sebentar lagi bajaj di India sana akan segera melaunching motor sport 400 cc nya. diberi nama VS 400, yang merupakan versi naked dari RS 400 yang merupakan motor full fairing.

mengusung mesin yang identik dengan ktm duke 390, ya kapasitas nggak pure 400 cc, tapi lebih tepatnya 375 cc. Salah satu ke khasan bajaj adalah harganya yang terbilang terjangkai untuk sekalas motor 400 cc. Harga resmi memang belum diketahui akan tetapi bocoran nya ada di kisaran 1.75 lakh sampai paling mahal 2 lakh.

jika dirupiahkan kemungkinan harganya ada di angka 33-34 jutaan rupiah. Untuk ukuran motor 400 cc harga segitu di Indonesia hampir sama dengan harga motor full fairing 150 cc !.

Welcome Mio Sporty

langsung ganti oli
Halo Brosis
Beberapa waktu lalu bjr dapat order dari kakak bjr yang merantau di ibukota, pesannya singkat yaitu untuk mencarikan motor untuk transportasi di sana, dengan budget yang minim tentunya.
Minimnya budget memang bukan tanpa alasan, beli baru sebenarnya bisa tapi uang memang harus dibagi dengan kebutuhan lainnya. Beli baru pun agak sayang karena suasana parkiran kosan di jakarta yang luar biadab karena motor di taruh di halaman depan tanpa atap penutup jadi motor harus rela panas2 dan kehujanan, (verza bjr pernah 3 hari di sana, hehehe).
Alhasil motor bekas adalah pilihan yang paling bijak, yap request matic, warna gelap, tahun nggak seberapa tua. Di indonesia ada 3 pilihan yaitu honda, yamaha,suzuki.

Motor Matic, Ngeri Kalo CVT Rusak

Halo Brosis
Motor matic saat ini masih menjadi primadona bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, hal itu bisa dilihat dari market share motor mati yang berkali-kali lipat dibandingkan motor bebek apalagi sport.
Salah satu sebabnya adalah kepraktisan, nggak perlu lagi ritual kaki kiri injak injek persneleng, cukup selonjoran tangan kanan betot gas dan jari kanan kiri standby di handle rem motor pun langsung melaju.
Akan tetapi sebenarnya ada hal yang harus dibayar lebih oleh konsumen/ pengguna motor matic untuk kenyamanan dan kepraktisan tersebut. CVT yaitu komponen penggerak roda belakang yang kalau di motor biasa memakai ranta, akan tetapi beda dengan matic yang menggunakan cvt dengan berbagai macam komponen di dalamnya.
Ekstra perawatan
Dari sisi perawatan saja pengguna matic harus ndobel istilahnya ya harus servis/ merawat cvt dan juga mesin, beda ?, tentu saja kedua komponen tersebut berbda. Seperti oli yang juga ekstra untuk oli transmisi/ gardan, ya meski hanya 100ml.
Saat servis pun berbeda perlakuan, servis cvt dan mesin sendiri-sendiri, jadi mbayarnya dobel. Masa ? iya kalaupun beres bisa mengakali biasanya paketan, atau servis komplit yang tentu lebih mahal dibanddingkan motor bebek sekelasnya.

Restorasi Honda C700, Ekstra Sabar

Halo Brosis

ayago reborn, wkwkwk

Kali ini bjr akan membahas si motor tua yang bjr dapat 5 bulan lalu, ya 5 bulan lalu, dan kelar barusan. Honda c700 atau akrab disapa supercup ini merupakan motor keluaran honda tahun 80 an.

Sama dengan pitung/c70 ? ya mesinnya sama dengan pitung berkubikasi genep 70 cc  (ane lihat di stnk). Hanya body depan belakang yang membedakan, dimana di depan c700 lebih panjang, dan depan sudah kotak lampunya.

Gearbox atau gigi persneleng nya 3,  penggapian masih platina dan engkol (non dobel stater). Bjr dapat ini motor dalam kondisi ya lumayan, lumayan menggenaskan lebih tepatnya, hehehe.

Ban slick depan belakang, mesin ngebul parah, rem depan belakang nggak ada, tapi ajaibnya saat ngambil ini motor di Singosari Malang sampai Sidoarjo pun masih kuat !.hanya bjr isi bensin 15 ribu dan oli setengah liter motor pun sampai di Sidoarjo meski harus ekstra sabar karena ini motor larinya Cuma 30-40 an km/ jam.

Skuad Ramping Suzuki di Roda Dua


Halo Brosis
Ngomongin Suzuki khususnya di divisi 2W (motor) kok seakan tambah kesini kok tampak suram. Semenjak 5 tahun hanya mengandalkan Satria saja di sektor penjualannya, Suzuki seakan kehilangan tajinya jika dulu Kawasaki paling buncit sekarang malah si Suzuki, pabrikan yang awal dan pertengahan tahun 2000 an sempat ngrecoki Yamaha dan Honda.
Berita terbaru malah mengejutkan dimana saat ini Suzuki hanya jualan 3 motor saja, dimana 2 diproduksi di pabrik Indonesia, sedangkan 1 masih impor. Resmi sudah nggak ada nama shooter atau axelo, skutik imut nex, sport murah legendaris thunder,  maupun bebek ayago nanggung young star.
Ya skuad ramping itu diisi satria f injeksi di segmen bebek, adrees di segmen matic, dan di segmen sport ada Inazuma yang masih impor dari China. Yup Cuma 3 motor ini yang di jual Suzuki, kalaupun ada bebek macam Shotter atau Young star dipastikan itu unit sisa.