Halo Brosis
Sudah 6 bulan lebih sejak terakhir kali ganti oli
bersamaan dengan ganti kampas kopling Oktober 2018 lalu, dan odometer juga
sudah menunjukkan jarak tempuh pemakaian oli kurang lebih 7500 an km (kalau gak
salah, ane juga agak lupa, hehehe),
Yang pasti 6 bulan lebih motor benar-benar dipakai
seperti biasa rute ala-ala sehari-hari sidoarjo-Surabaya muatan juga bervariasi
mulai sendiri-boncengan sampai muat barang dagangan.
Yang pasti seringan-ringannya muatan ya sendiri 96
kg bersih, sih, kalau khilaf sama barang dagangan bias hamper 2 kwintal, maklum
bukan motor manja apalagi rumahan, hehehe.Review
- Helm Joy Helmet
- Menjelang 5 Tahun Kualitas Body Honda Verza, Ternyata
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO & PCMO, Semua Tentang Enak dan Tahan Lama
- Ganti Aki Federal Quantum
- Review Kereta Api Jayakarta Premium
- Review Kereta Bisnis Gumarang
- Review Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan
- Ganti Kampas Kopling Verza Pakai GL Series
ADO setelah 6 bulan lebih pemakaian |
Peforma amsoil diesel turbo diesel truck (ADO)
memang sudah tidak perlu diragukan lagi, istilahnya masa oli dieser hamper top
tier harga lebih dari 100 ribu (130 ribuan) gak enak dipakai di motor, puas lah
sesuai harganya.
Saat saya drain dengan pemakaian 6 bulan lebih
penyusutan ada sekitar 200 ml dari 900ml yang saya tuang dari kapasitas normal
oli mesin 1000ml. jadi isi botol amsoil 946ml, 46-50ml dulu saya buat rendem
kampas kopling dan 900ml sisanya ane cemplungin ke bak oli tentu dengan ambang
batas 100ml kekurangan dan kelebihan dari kapasitas normal 1000ml adalah 900ml
dan 1100ml.
Q8, Oli Kuwait
Made In Eropa sudah JASO MA !
Karena dua kali pemakaian amsoil Ado sudah puas,
next saatnya memang harus mencoba oli lain, kebetulan akhir tahun lalu saya
beli oli Q8 formula 5w-40 dengan harga yang sangat menarik dan valuable.
Q8 sendiri merupakan oli dari produsen oli dari
Negara timteng yaitu Kuwait ya masih saudaraan dengan oli wahabi lain macam
Adnoc dan sjenisnya. Namun yang unik adalah ini oli produksi Belgia, ya Belgia
yang terletak di eropa Sana.
Jadi ini oli dijual di Indonesia merk Kuwait Made In
belgia, hmmm unik sekaleee
Berikutnya yang unik adalah dimana oli ini sudah ada
sertifikasi JASO MA2 yang merupakan standart motor kopling yang dikeluarkan
Jepang. Jadi q8 Formula 5w-40 API SN adalah satu-satunya oli PCMO (mobil
bensin) yang memiliki sertifikasi JASO MA2 yang otomatis membuatnya halal
digunakan di motor kopling celup,
- Touring Ke Lombok Part 1, Bikepackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan
- Touring Ke Lombok Part 3, Keliling Bali
- Touring Ke Lombok, Total Biaya Ngirit Banget !
- Kedung Jembar Malang, Wisata Yang Tersembunyi
- Touring Pakai GPS Atau Tidak , Enak Mana ?
- 5 Tujuan Touring Bagus di Jawa Timur
- PemakaianYamalube Carbon Cleaner di Honda Verza
Tapi hal ini sebenarnya bukan sesuatu yang aneh, oli
PCMO lain pun tidak menutup kemungkinan memenuhi standart JASO namun ya namanya
oli PCMO sertifikasi JASO tentu mubazir, mengingat hanya orang edan saja yang
pakai oli PCMO/HDEO di sepeda motor, dasar sesat, hehehe.
Oli q8 formula 5w-40 ini synthetic dengan base full
VHVI bukan PAO apalagi Ester, kadar VI nya sekitar 160-an dengan TBN
sebagaimana normalnya PCMO sejenis yaitu ada di angka 8 saja tentu jauh
dibandingkan dengan ADO yang di atas 11.
Impresi, Khas
PCMO
setelah pemakaian 1200an km tentunya afdol dong
untuk saya menuliskan impresi
pemakaian oli ini, dengan parameter pembanding oli sebelum-sebelumnya dengan
viskositas yang sama yaitu Tq9k dan Amsoil ADO, test rute perkotaan saja non
touring karena sudah vakum touring cukup lama, hehehe
Akselerasi, akselerasi q8 formula ini mumpuni
seperti halnya tq9k yak has PCMO dengan gaya nglenyir, lebih cepat disbanding
Ado tapi tidak terlalu signifikan perbedaannya tentu entengnya akselerasi harus
dibayar (kompensasi) di sector lainnya.
Shifting Persneleng, smooth sama halnya seperti Ado
shifting gigi persneleng q8 formula ini juga halus, tidak ada gejala miss gear
selip , ceklik-ceklik
Top Speed, tidak ada perbedaan signifikan alias
sama, hanya dengan karakter PCMO tentu lebih cepat memperoleh top speed.
Suhu, entahlah viskositas lebar 5w-40 baik q8,ADO,
atau tq9k sejauh yang pernah saya pakai amat sangat-sangat baik dalam menjaga
suhu mesin jadi untuk sector ini khas oli sebelumnya adem tidak ada masalah.
Engine Break, ini adalah kompensasi yang terasa
karena entengnya akselerasi, yap, engine break PCMO q8 formula ini sama halnya
dengan tq9k yaitu minim walhasil saya yang sebelumnya terbiasa dengan engine
break HDEO Amsoil ADO yang manusiawi kini kembali harus kembali harus effort
lebih ke kopling dan rem, alamat kampas rem cepet habis ini, hehehe
Bonus, sertifikasi JASO MA entah hanya sugesti atau
memang begitulah adanya, memang sedikit banyak menambah gigitan kopling alias
lebih nyakot (menggigit) dibanding saat memakai ADO maupun tq9k, tapi ini masih
butuh riset dan telaah lebih untuk merasakan kebenarannya ya mungkin di
pemakaian ke-2.
So, q8 formula untuk impresi awal sangat memuaskan
dan hamper sama bagusnya seperti oli sebelumnya yang saya pakai, apalagi dengan
harga kurang dari 100 yang saya dapatkan (harga normal lebih dari 100 ribu)
tentu sangat worth it, tentu dengan JASO MA sudah tidak ada alas an lagi
menyebut pemakai PCMO adalah kaum sesat , masih ngotot haros JALOS tutuk botol
oli, hehehe
Semoga
bermanfaat
- Sparepart Substitusi Honda Verza
- Ganti AkiFederal Quantum
- Substitusi Filter Oli Yamaha, Pakai Punya Suzuki
- Volume Oli Gardan Motor Matic
- Ekspedisi WahanaLogistik, Alternatif Kirim Paket Harga Murah
- Gak Suka Modif,Mending Upgrade Part Ini
- Ban Tubeless,Harusnya Jadi Standar motor Zaman Now
saya juga pake tapi yg 10w-40, impresinya enak
BalasHapus