Yamaha Jupiter Z Series
Jupiter
bagi yamaha adalah nama yang ikonik dari sebuah lineup produk motor, ikoniknya
sama halnya Honda dengan supra-nya begitulah Yamaha dengan jupiter-nya. Bahkan
sampai saat ini masih dipakai sampai saat ini.
Mulai
diperkenalkan Yamaha sejak akhir 2002 yang saat itu masih “Jupiter” doang alias
Jupiter tanpa embel-embel Z yang baru beberapa tahun kemudian hadir. Jupiter z
saat itu diposisikan sebagai motor bebek di atas vega series alias sebagai line
up tertinggi motor bebek Yamaha saat itu.
- Review Helm Joy Helmet
- Menjelang 5 Tahun Kualitas Body Honda Verza, Ternyata
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO & PCMO, Semua Tentang Enak dan Tahan Lama
- Ganti Aki Federal Quantum
- Review Kereta Api Jayakarta Premium
- Review Kereta Bisnis Gumarang
- Review Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan
- Ganti Kampas Kopling Verza Pakai GL Series
Posisi
Jupiter z lalu bergeser sebagai bebek mid
alias kelas menengah, hal itu karena Yamaha mengeluarkan Jupiter mx sebagai
top of the line alias flagship motor
bebek Yamaha. Meski begitu Jupiter z tidak lantas kalah pamor. Di pertengahan
tahun 2000-an bisa di bilang Yamaha Jupiter z motor bebek idola anak muda tentu
seiring betumbuhnya pasar roda dua Yamaha Jupiter z hadir sebagai motor yang
disukai kaum milenial saat itu.
Generasi,
Sejak
diperkenalkan tahun 2002 yamaha Jupiter z series telah mengalami beberapa
perubahan dalam tiap serinya, tercatat sudah 5 kali Yamaha mengevolusi Jupiter
z series
- Yamaha Jupiter (2002-2004), hanya tersedia dengan pilihan velg jari-jari dengan 1 tone warna dengan strip tulisan Jupiter di body samping, warna yang tersedia hitam, orange, silver, dan merah mesin 102 cc
- Yamaha Jupiter z (2004- 2006),
sebagai opsi upgrade dari Jupiter dengan embel-embel z dengan penambahan
varian cast wheel palang 5 bewarna silver. Plus desain striping yang lebih
inovatif dengan kombinasi dual tone warna seperti merah-hitam, biru-hitam,
silver-biru, kuning-silver sedangkan kapasitas mesin naik menjadi 110 cc
- Yamaha Jupiter Z (2006 akhir-2009 akhir), seri Jupiter z ini akrab di masyarakat Indonesia dengan sebutan Jupiter burung hantu (burhan) karena headlamp depannya menyerupai mata burung hantu, desainnya mengalami perubahan mencolok di beberapa bagian seperti headlamp yang makin sporty, shroud depan dengan beberapa lekukan, dan pada bagian buritan Yamaha sedikit merevisi stoplamp dengan desain crystal lamp tajam desain secara keseluruhan lebih lancip dan sporty dibanding sebelumnya, warna velg palang berubah menjadi hitam, tapi mesin masih sama 110 CC hanya ditambah AIS agar lolos emisi euro 2.
- Yamaha Jupiter Z (2010-2013), pada
gen ke 4 yamaha melakukan perombakan besar di jupiter z, bisa di bilang
ini adalah all new karena mulai dari rangka, body, dan mesin semua berbeda
dengan generasi sebelumnya. Kapasitas mesinnya meningkat menjadi 115 cc,
desain bodynya bisa di bilang di seri ini adalah Jupiter z dengan shape
paling tajam. Lampu depan masih dual head lamp tapi dengan skat hidung
ditengah, shroud samping 3 dimensi, dan desain stoplamp belakang menyerupai
salip.
- Yamaha Jupiter Z1 (2013- sekarang), Yamaha akhirnya
merevisi Jupiter z di tahun 2013, tidak semua dirubah. Lampu depan hanya
mengalami sedikit revisi speedometer juga direvisi dari yang tadinya
bulatan kembali ke aksen segitiga terbalik, desain shape depan 3dimensi
dipertahankan akan tetapi desain stoplamp belakang direvisi karena desain
Jupiter salib (sebelumnya) kurang disukai, mesinnya tetap 115 cc tetapi
sudah dilengkapi dengan system pengkabutan injeksi.
Desain, Nungging Dan Tajam
Jupiter
z dilahirkan Yamaha sebagai bebek yang sporty dan agresif, bisa di bilang
Yamaha seakan emoh memaksakan desain sporty kalem macam Honda supra di jupiter ,
seakan Yamaha memang mengemas jupiter sebagai motor bebek yang mempunyai
jatidirinya sendiri.
Langkah
diferensiasi desain Yamaha ini pun tergolong konsisten mulai dari jupiter lahir sampai saat ini mulai masa
keemasan sampai masa kelam pun bahasa desain jupiter z tidak berubah sporty dan
agresif.
- Ban Irc NF 25,Tinggi Tangguh
- Motor SportFairing Murah Non Jepang, Punah
- Sepatu Ap Star,Sneakers Rasa Boots
- Fuel Dilution,Kenali Penyebab dan Bahayanya
- Menyikapi DugaanKartel Honda & Yamaha Dari Sisi Lain
- Review Disk Pad Vital, Harga & Peforma Cekak
Setidaknya
bahasa desain sporty agresif jupiter tercermin dari dua aspek yaitu nungging
dan tajam. Nungging di bagian buritan alias kontur jok meinggi dari depan ke
belakang inilah yang disukai abg tahun 2000-an, disaat kompetior masih flat jok
jupiter sudah nungging abis.
Lalu
facia desain berikutnya adalah tajam, yap jupiter z bukan hanya nungging tapi
juga tajam mulai shroud body samping depan sampai belakang harus ada
sudut-sudut tajamnya sampai seri paling tidak laku yaitu jupiter z 115 2010 pun
Yamaha konsisten dengan desain tajamnya.
Jenis Mesin
Sporty
agresif sudah pasti harus kenceng, setidaknya begitulah jupiter z , ciri khas
mesin jupiter z series adalah long stroke
untuk mengejar akselerasi yang mumpuni. Mesin Yamaha jupiter z ada 4 jenis
yaitu sebagai berikut :
- Jupiter kode mesin 5LM 49mmx54mm
dengan tenaga 8,3 PS@8000rpm dan torsi 8,8 nm@6500rpm
- Jupiter z 2004-2009 kode 5TP 110,3cc
51mmx54mm, 6,5kW @8000rpm dan torsi
9nm @5000rpm
- Jupiter z 2010-2013 kode 5D9 113cc
50x57,9 dengan tenaga 6kw@7500rpm dan torsi 8,3nm @4500rpm
- Jupiter z1 kode 1DY/2SU 113cc
50x57,9 dengan tenaga 7,4kW@7750rpm dan torsi 9,8nm@6750rpm
Jupiter
z dengan Kode mesin 5TP sering di bilang sebagai mesin terbaik karena beberapa
hal seperti mudah di oprek karena masih karburator, sparepart nya bejibun, dan
tangguh tidak heran sampai saat ini mesin 5TP adalah favorit di dunia balap.
Sedangkan,
meski bukan yang terbesar mesin jupiter z1 terbaru adalah yang terbesar tenaga
dan torsinya tidak mengherankan memang karena mesin ini sudah menggunakan
forget dan diasil cylinder alhasil meski kapasitas nya 115 cc sudah bisa
menyamai bahkan melebihi mesin konvensional 125 cc yang notabene secara
kapasitas lebih besar.
Sedangkan
mesin paling kentang di seri jupiter adalah 5d9 yang secara kapasitas lebih
besar dibandingkan pendahulunya (5TP) akan tetapi memiliki muntahan tenaga dan
torsi yang inferior. Sedangkan mesin 5LM adalah yang paling lama dan memiliki
keluaran paling kecil hal itu wajar mengingat kapasitasnya yang hanya 102 cc
tapi soal ketangguhan bisa dikata 5LM yang paling tangguh karena masih turunan
mesin Yamaha crypton.
Karakter Mesin & Handling
Satu
persamaan dari beberapa jenis mesin Yamaha jupiter z adalah semuanya memiliki
langkah stroke yang panjang alias long
stroke. Mesin jenis long stroke
dikenal memiliki akselerasi yang lebih bagus dibanding mesin overbore bahkan
square sekalipun.
Hal
tersebut menjadikan sesuai dengan karakter jupiter z yang agresif di putaran
bawah dan menengah. Karakter nafas per gigi- nya cenderung pendek-pendek karena
rasio giginya nya close, hal inilah yang menjadikan jupiter z menjadi motor
dewa road race Indonesia sesuai dengan karakter pasar sengol yang tidak
membutuhkan top speed tapi cenderung akselerasi yang cepat.
- Fenomena PelajarBawa Motor Ke Sekolah, Perlu Disikapi Dengan Bijak
- Kaca Spion Pecah,Si Ve Pakai Spion Honda Beat
- Vario VS Aerox,Nama Besar VS Kaya Fitur
- Lampu Halogen,Jangan Pegang Kacanya !
- Review 4Kombinasi Sprocket Honda Verza
- Ganti BohlamLampu Honda Verza
Sedang
handling jupiter z sendiri khas motor bebek sporty , sampai saat ini jupiter z
series terkenal akan handling yang superb dibanding kompetitornya. Salah satu
kelemahan adalah saat digunakan berboncengan jupiter z menurun drastis baik
tenaga dan handlingnya begitu juga saat digunakan untuk rute tanjakan yang
terasa underpower.
Masalah & konsumsi bbm
sudah
malang melintang hampir 20 tahun tidak banyak issue atau masalah yang
dikeluhkan oleh pengguna jupiter z.
Hanya masalah kampas kopling di seri tahun 2010 dan stoplamp jupiter z 2010
yang sering oblak hal itu tak lepas dari desain yang terlalu nungging shape
stoplamp terlalu lancip dan kurang kokoh pada seri 2010. Lainnya hampir tidak
ada masalah atau keluhan yang fatal.
Sedang
untuk konsumsi bbm Yamaha jupiter z tidak bisa dibilang irit namun tidak juga
di bilang boros, alias sesuai dengan tenaga yang dikeluarkan.
Seri Terbaik
Masa
Keemasan Yamaha Jupiter adalah dengan Jupiter Z (2006 akhir -2010 awal) mengapa
demikian ?, simple karena ini jupiter z terbaik. Desain sporty bisa di terima
dan banyak yang suka, mesin tangguh dan mumpuni serta mudah dioprek dan
pastinya masih karburator.
Bukan
isapan jempol memang mengingat di serie paling ini jupiter z adalah yang paling
laku dan harga jual kembalinya pun tergolong masih tinggi bahkan dibanding
serie yang lebih muda/ baru sekalipun.
+ Desain Sporty dan Agresif
+ Handling Superior
+ Sparepart Melimpah
+ Part Modif Bejibun
+ Tangguh
- Loyo di tanjakan
- Underpower (tahun 2010-2012)
Semoga Bermanfaat
- Touring Ke Lombok Part 1, Bikepackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan
- Touring Ke Lombok Part 3, Keliling Bali
- Touring Ke Lombok, Total Biaya Ngirit Banget !
- Kedung Jembar Malang, Wisata Yang Tersembunyi
- Touring Pakai GPS Atau Tidak , Enak Mana ?
- 5 Tujuan Touring Bagus di Jawa Timur
- PemakaianYamalube Carbon Cleaner di Honda Verza
- Sparepart Substitusi Honda Verza
- Ganti AkiFederal Quantum
- Substitusi Filter Oli Yamaha, Pakai Punya Suzuki
- Volume Oli Gardan Motor Matic
- Ekspedisi WahanaLogistik, Alternatif Kirim Paket Harga Murah
- Gak Suka Modif,Mending Upgrade Part Ini
- Ban Tubeless,Harusnya Jadi Standar motor Zaman Now
Salah satu bebek tangguh pada masanya, dulu sempat punya Jupiter Z putih hitam lansiran 2005
BalasHapus