Halo Brosis
41
ribu – 70 ribu = 29 ribu km
Yap
angka tersebut adalah angka pemakaian ban depan ban corsa tipe s123 yang
namplok di Honda verza saya. Kebetulan saat dulu memilih pakai s123
pertimbangan utama adalah harga dan pure ingin mencoba kombinasi yang beda
yakni 80/90.
Harganya
tergolong murah, kalau tidak salah ingat nggak lebih dari 150 ribu ukuran 80/90
ring 17. Setelah pemakaian hamper 2 tahun dengan jarak tempuh 29 ribu km
rasanya nggak afdol jika tidak dibuatkan full review pemakaian ban ini, ya
itung-itung ngisi ini warung daripada kurang bahan tulisan, hehehe.
Grip Cukupan
Yap
sedari awal sampai saat tergantikan oleh ban baru yang nanti akan saya tulis
impresinya, corsa s123 ini konsisten untuk soal grip. Cukup adalah kata yang
pas, nggak ngegrip banget macam fdr genzi tapi disbanding irc nf bawaan verza
tentu s123 sedikit lebih baik. Tapi nyatanya dengan grip cukup Alhamdulillah
belum ada accident yang menimpa saya selama memakai corsa s123 ini selama 29 ribu
km.
- Ban Tubeless, Harusnya Menjadi Standart Motor Zaman Now
- Ban Aspira At701, Alternatif Ban Harga Terjangkau
- Ban Depan Honda Verza, 80/90 atau 90/80 ?
- Ban IRC NF25, Tinggi dan Tangguh
- Review Ban Corsa S22, Murah Tetap Gaya
- Ban Mizle Power Treat, Alur Klasik Peforma Mumpuni
- Pilih Ban Tinggi Atau Lebar
Badak & Awet
Tanpa
bocor, yap selama pemakaian tidak pernah bocor atau kehilangan/kekurangan angin
mendadak seperti yang pernah saya alami di fdr genzi. Fisik ban setelah 29 ribu
pemakaian pun tidak timbul kecacatan secara berarti hanya minor bekas goresan
hard braking, berbeda dengan genzi di 27 ribu pemakaian sudah bergelombang dan
sobek di beberapa bagian, mungkin compound ban berpengaruh kalau tidak salah
s123 ini hard compound.
setelah 29 ribu km pemakain, masih tebal dan berbulu ! |
Tingkat
keausan ban pun tergolong awet, bahkan bulu-bulu ban di sisi sampaing masih
ada, dan sebenarnya masih layak pakai perkiraan saya dengan gaya riding saya
35-37 ribu sebenarnya s123 ini masih sanggup.
Perlu tekanan angin yang pas
Hal
paling tidak mengenakkan menurut saya saat pakai s123 ya ini, kalau grip
cukupan sih bias di imbangi dengan merubah gaya riding, kalau yang satu ini
bias di bilang sudah karakter dari sononya. Saat memakaia corsa s123 ini perlu
penyesuaian tekanan angin yang pas.
Maksudnya
adalah saat motor di buat boncengan, mengangkut barang berat, atau riding
sendirian ketiga peruntukan tersebut perlu penyesuaian tekanan angin yang pas.
Pakai tekanan angin standart pun saat sendiri terkadang juga kurang enak
terlalu keras menurut saya, tak jarang saat isi nitrogen saya kurangi tekanan
angin untuk mendapatkan grip yang pas.
- Plus Minus Oli Curah, Dan Harganya Yang Murah
- Review Oli Fastron Techno, Value Dan Peforma Dapet
- Review Pemakaian Oli Prima XP 10w-40 API SM
- Mengenal Oli PCMO dan HDEO Pertamina, Pilihan Untuk Sesat
- Impresi Pemakaian Oli Deltalube Daily 757 10w-40
- Setahun Pakai Oli HDEO/PCMO, Semua Tentang Enak dan Tahan Lama
- Mengajak Sesat Pakai Oli Diesel Atau PCMO, Sebuah Pengalaman
Overall
selama 29 ribu pemakaian sih untuk ban seharga 150 ribu saya puas, (nggak pakai
banget), sangat worthed sesuai harganya. Terlebih nggak ada gejala atau
kekurangan yang fatal mendera ini ban.
Noted,
review di ban belakang bisa saja berbeda.
Semoga Bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
klo sy pake corsa s123 nya di ban belakang ukuran sm ama bawaan... baru beberapa bulan jd gak tau awet kagaknya...
BalasHapusoh iya ni bjr, mau tanya klo bli bohlam depan online kan 20rb tuh, tp klo ditambah ongkir, indomaret+parkir (gak punya atm sih), sm ongkos pasang bsa jd 45rb... klo beli osram dibengkel pinggir jalan selisih berapa sih ? lbh murah gak jatohnya ?
corsa s123 awet parah,
Hapusbohlam kalau di bengkel kecil biasanya selisih maksimal 10 ribuan, kalau cari bisa di toko yang melayani grosiran (tiap kota biasanya ada) biasanya selisihnya gak lebih dari 5 ribu,
Kalau bohlam buat verza hs1 yang lebih murah dari original hgp bisa pakai punya yamaha new vixion kode 1 PA harga 37 ribuan (osram, sama dengan hgp verza)
Kalau yang agak bagusan pakai punya yamaha kode 3CI (saya pakai ini sekarang) harganya 69 ribuan (philips, made in jerman)