Halo Brosis
Sudah 4 bulan
lebih amsoil diesel truck (ADO) melumasi bagian dalam mesin honda verza. Pada
impresi pertama yang saya tulis di sini bisa dikatakan puas, sampai pada
akhirnya sudah jalan hampir 6000 km (5700 an sekian). Impresi tentu berbeda
seiring bertambahnya masa pakai, istilahnya impresi adalah kenalan lalu
berikutnya adalah “peforma yang sesungguhnya”.
Motor tiap hari
saya pakai dengan rute Sidoarjo- Surabaya, dan sesekali di setiap bulan ke luar
kota. Ngomong-ngomong saat impresi verza saya gunakan ke tnbts dan loss
kompresi, dan sebelum bulan ramadhan lalu saya gunakan ke tnbts dengan rute
yang sama, dan hasilnya normal !, tidak ada gejala losss kompresi, jadi
kemungkinan loss kompresi lalu murni karena motornya not oil.
- Review Oli primaxp 10w-40
- Review Oli PertaminaFastron Techno
- Review PemakaianXiaomi Redmi Note 4
- Review 4 TahunHonda Verza
- Review Oli DeltalubeDaily 757
Lantas setelah
digunakan ribuan kilometer, tentu berbeda dengan impresi saat pertama kali
digunakan. Tetapi yang tidak berubah pun ada, seperti suara mesin yang tetap
halus atau malah konsisten sedari awal sampai akhir hayat pemakaian di motor
saya, berbeda dengan oli lain yang menjelang masa purna tugasnya akan memberi
impact suara kasar di mesin, tapi ADO ini beda ya istilahnya suaranya
konsisten.
Kemudian
akselerasi, saat awal pemakaian dari segi akselerasi motor terasa kurang ajar,
lalu kemudian menjelang 1000 km pemakaian terasa biasa, akan tetapi lepas di
atas 1500 km atau menjelang 2000 km akselerasi kembali normal seperti sedia
kala sampai akhir pemakaiannya. Kemudian deselerasi atau engine break yang dihasilkan
pun cenderung konsisten dan saya suka saat tutup gas pakai amsoil diesel ini
karena tidak ngeluyur (minim) macam pft tapi ngepas.
\Yang Berubah,
Shifting gigi
perneleng adalah yang saya rasakan perbedaannya, dimana saat memasuki 4000 an
km shifting tida se halus seperti biasanya. Pembedanya terjadi saat mesin panas
atau penggunaan motor di atas 30 menit, shifting gigi persneleng terasa lebih
kasar tapi nggak sampai kasar banget seperti oli mco yang menjelang sakarotul
maut (eol) tapi dibandingkan dengan saat pertama kali tuang dan di sebelum 4000
km an pemakaian tingkat kehalusannya berkurang drastis.
- Review KeretaApi Bisnis Gumarang
- Review KeretaApi Gaya Baru Malam Selatan
- Review JaketCorvus, Murah Tapi Matching
- Review FinalGear 15-41 di Honda Verza
- Ganti Ban AspiraAT701
- PemakaianYamalube Carbon Cleaner di Honda Verza
- Ganti AkiFederal Quantum
Masih bisa lebih sih, tapi
Sampai di
pertengahan bulan ramadhan lalu motor masih saya gunakan, karena meski ada
penurunan di shifting dan suhu mesin tapi saat test dipstick dan warna oli
masih belum menunjukkan warna dan ketinggian yang mengkhawatirkan. Ketinggian
di dipstick masih di bawah garis tengah.
Tapi saat itu
saya mengganti aki verza yang koit, dan verza terasa susah langsam dan agak
mrebet dan kemungkinan injector kotor. Pikir saya saat itu saya bawah ke ahass
untuk bersihkan injector dan reset injeksi TANPA ganti oli dan saat kunci saya
serahkan ke kepala mekanik beserta list keluhan saya pun sudah mewanti-wanti
“gak perlu ganti oli”, dan mekanik pun mengiyakan.
Selang beberapa
menit motor sudah selesai dan saya pun menuju meja kasir, dan alangkah kagetnya
saat ada list tagihan ganti oli “What !?”, saat saya tanyakan pun jawaban kasir
tidak tahu, sampai mekanik yang menangani motor saya di panggil dan memberi
penjelasan jika “oli sudah hitam waktunya ganti”, what the fuck logika macam
apa ganti oli berdasarkan warna oli yang sudah hitam, kalau patokannya warna
oli pun coba pakai jalan 2-3 km dengan oli baru dan cek PASTI warnanya gak
hitam! (oli dengan pewarna gak termasuk). Akan tetapi saat itu puasa dan saya
malas berdebat, mekanik senior yang mencatat keluhan saya pun lagi keluar,
alhasil nyengir pahit saja.
Sampai Rumah
Kuras !
Pulang dari
bengkel di sepanjang perjalanan pun riding sambil mengeluh, “kok motornya jadi
gini” , mbrebet sih nggak Cuma ini yang namanya ahm oil dengan amsoil itu
bedanya terasa sekali !. sampai rumah pun langsung standart tengah tinggal
sebentar hampir 1 jam dan bawa kunci T8 untuk membongkar calter kopling
langsung oli ahm soil yang baru jalan 4 km (jarak bengkel ke rumah) itu pun
mengucur keluar dan warnanya hitam CUK !.
Semoga Bemanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
ane pake msc curah pas start bkin emosi suka mati di gang klo blm panas, tp bgtu dah panas enak ngacir diatas 50 kpj walau dgn mudah disalip matic dan bebek sih tp dibanding oli biasa jelas terasa lbh enak diajak ngacir...
BalasHapusmsx series enak dan cocok buat touring, kalau harian dalam kota ane gak betah, hehehe
HapusWhat's more, it will reduce the harm that I will probably put on my new truck. tow reno
BalasHapus