googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Impresi Pemakaian Oli Deltalube 757 Daily, Ternyata

Impresi Pemakaian Oli Deltalube 757 Daily, Ternyata

review oli deltalube

Halo Brosis

Sudah 6 bulan lebih sejak pergantian oli terakhir di motor jupiter mx 135 bjr, memang sebagai motor secondary atau motor kedua yang saya gunakan hanya untuk dalam kota dan kendaraan keluar jarak dekat saja jarak tempuh setiap bulannya termasuk pendek/sedikit. Mungkin hanya berkisar 200-300 km saja setiap bulan bahkan mungking kurang dari itu.

Terakhir kali old mx hitam yang setia menemani saya sejak smp ini saya ganti oli dengan meditran SX curah bulan Februari lalu, eits Februari ke September akhir = 8 bulan hehehe. Tapi berhubung hanya jarak dekat mungkin hitungan kasarnya kurang lebih baru menpuh 2000 km. So sebenarnya oli msx curah masih terasa enak, tetapi umur oli di mesin 8 bulan rasanya sudah terlalu lama, toh ini motor gak ada salahnya ganti oli yang “agak” bagusan, hehehe.
So sesuai judul kali ini old jupiter mx saya cekoki oli Deltalube 757 Daily dengan viskositas 10w-40 API SL, oh iya ini oli yang saya beli di GIIAS Surabaya akhir September lalu kebetulan ada promo buy 1 get 1 alias beli satu botol gratis satu botol. Satu botol ini saya pakai di jupiter mx satu botolnya lagi saya hibahkan ke teman saya yang motornya kebetulan sama old jupiter mx. Jika di rupiahkan satu botol deltalube daily ini di hargai 58 ribuan sekian untuk kemasan 0,8 L harga yang sebenarnya nggak murah bahkan cenderung mahal untuk oli dengan API SL meski sudah multigrade.

Drain & Tuang
Oh iya agar lebih afdol saat penggantian oli saya barengi dengan ganti filter oli juga. Step by step ganti oli tidak usah saya jelaskan toh semuanya jelas sudah pada tahu, hehehe. Setelah di drain tampak oli msx curah sudah menghitam tapi tidak pekat dan secara kasat mata masih ada lapisan filmnya pertanda oli masih bagus sebenarnya untuk di gunakan.

Setelah lepas filter oli juga pilihan ganti FO rasanya tepat karena sudah satu tahun lebih terakhir ganti FO, tampak dalam gambar filter oli sudah kotor dan menghitam pekat dan kotoran dan gram-gram sisa pembakaran terselip diantara kisi-kisi kertas filter oli.

review oli deltalube
filter oli hitam pekat
Setelah hampir semua oli keluar lewat lubang pembuangan dan filter oli kemudian saatnya tuang oli deltalube, dan taraa anjirr warnanya merah darah euuy olinya. Memang di beberapa forum pewarna oli di deltalube terglong sangat kuat, bahkan menurut beberapa user deltalube 2000 km pemakaian oli masih bewarna merah, anjay !.

review oli deltalube
merah darah

Sebenarnya gak ada yang salah dengan pewarna yang kuat ini, akan tetapi sedikit mengkhawatirkan warna oli yang kemerahan bisa menyamarkan keadaan kinerja pembakaran/pelumasan dalam mesin. Contoh salah satunya saat pengguna melakukan droptest di tisu pasti mengacu pada warna oli seperti apakah oli mengalami fuel dilution atau tidak dengan mengamati dari warnanya, tapi kalau oli yang pewarnanya kuat macam deltalube (dikhawatirkan) bisa menyamarkan kinerja oli saat droptest cmiiw. Tetapi toh sebenarnya masih bisa berpatokan pada bau oli, bau bensin atau tidak, kalau ini dengan bau oli deltalube yang tidak menyengat seperti halnya oli lain kebanyakan, saya rasa cara mengecek bau adalah yang paling akurat saat droptest oli ini.


Impresi Shifting gear Smooth
Setelah oli tertuang ke dalam mesin, saat test ride dan tara ternyata hasilnya cukup mengejutkan. Dan setelah 5 hari pemakaian impresinya ternyata tetap konsisten, so bagaimana impresinya berikut

+shifting gigi smooth, yap oper gigi persneleng terasa smooth dibanding msx ? jauh lebih smooth deltalube daily, padahal ciri mesin en mx, njmx, dan vixion series yang rada kasar ceklak ceklok saat oper gigi begitu pakai oli ini menjadi lebih smooth, terasa hanya bunyi klik klik.
+ Suhu stabil, di pemakaian dalam kota tidak ada gejala mesin kedodoran karena kepanasan so sebenarnya ini mirip2 dengan msx yang bisa mengatasi panas berlebih di mesin dengan kompresi 11:1 macam jupiter mx.
+tarikan atas ngisi, sebenarnya saya agak kurang suka ngebut, hehehe. Tapi rasanya gak afdol kalau nggak di coba pakai deltalube, dan good job tarikan atasnya ngisi dan gak kedodoran, istilahnya motor rasanya kudu di gas terus, hehehe.

-akselerasi biasa saja, yup untuk oli seharga 58 ribu akselerasi termasuk biasa saja alias gak ada yang istimewa, bahkan dengan msx yang viskositasnya lebih kental terasa hanya sedikit lebih enteng saja. kalau boleh di kata cenderung mirip enduro racing menurut saya.
-mirip hdeo di pagi hari, ya saat pertama kali di hidupkan dan kemudian dikendarai di pagi hari deltalube serasa mirip2 dengan msx yaitu kurang “klik” alias butuh waktu agak lama untuk enak, tapi selang 10-15 menit kemudian baru terasa enak padahal ini bukan oli hdeo 15W-40 loh.

So kurang lebihnya impresi 5 hari pemakaian adalah seperti yang saya tulis di atas. Kelebihan yang paling saya suka tentu pada shifting gigi/gear yang smooth dibanding oli lain yang sebelum-sebelumnya saya pakai di jupiter mx. Meski begitu akselerasinya termasuk biasa-biasa saja menurut saya alias gak ada yang istimewa dan gak jelek juga sih (biasa2 saja).

review oli deltalube
deltalube enak ? gak "enak", tapi "enak banget", hehehe

Overall sebenarnya saya masih beranggapan potensi oli deltalube daily 757 ini masih bisa lebih dari yang saya harapkan, tapi setidaknya klaim deltalube jika oli ini long drain atau masa ganti oli yang lebih lama sudah sedikit banyak membuat saya respect dengan oli ini . So deltalube mengklaim oli ini tahan 2-3 kali lebih lama dibanding oli lain so taruhlah rata-rata oli lain 2000-2500, deltalube 2-3 lebih lama jadi bisa sampai 5000-7500 km pemakaian. Motor mx ini 8 bulan saja baru 2000-2500 km, jadi kalau bisa sampai 7500 km bisa 24 bulan  atau 1,5 tahun baru ganti oli, hehehe.  

Semoga bermanfaat

Nb, hasil impresi bisa saja berbeda di motor lain, penulis tidak berafiliasi dengan brand oli manapun

1 komentar:

  1. Saya sangat waswas memakai oli deltalub saat pertama..
    Tp ketika saya membaca artikel bang joru barula saya mengerti...#vixion

    BalasHapus