Halo
Brosis
Sudah
6 bulan lebih sejak pergantian oli terakhir di motor jupiter mx 135 bjr, memang
sebagai motor secondary atau motor
kedua yang saya gunakan hanya untuk dalam kota dan kendaraan keluar jarak dekat
saja jarak tempuh setiap bulannya termasuk pendek/sedikit. Mungkin hanya
berkisar 200-300 km saja setiap bulan bahkan mungking kurang dari itu.
Terakhir
kali old mx hitam yang setia menemani saya sejak smp ini saya ganti oli dengan
meditran SX curah bulan Februari lalu, eits Februari ke September akhir = 8
bulan hehehe. Tapi berhubung hanya jarak dekat mungkin hitungan kasarnya kurang
lebih baru menpuh 2000 km. So sebenarnya oli msx curah masih terasa enak,
tetapi umur oli di mesin 8 bulan rasanya sudah terlalu lama, toh ini motor gak
ada salahnya ganti oli yang “agak” bagusan, hehehe.
- Review Kereta Api Jayakarta Premium, Ekonomi Rasa Eksekutif
- Review Kereta Api Bisnis Gumarang, Satu-Satunya Jakarta-Surabaya
- Review Kereta Api GBMS, Termurah Surabaya-jakarta
- Review Pemakaian Xiaomi Redmi Note 4, Baterai Awet Parah
- Review Asus Max Pro M1, Worthed Tapi Gak Bagus-Bagus Amat
- Review Pemakaian Oli Amsoil Diesel Turbo Truck
- Review Pemakaian Oli Total Quartz 9000
- Review Mifi ZTE MF 90
So
sesuai judul kali ini old jupiter mx saya cekoki oli Deltalube 757 Daily dengan
viskositas 10w-40 API SL, oh iya ini oli yang saya beli di GIIAS Surabaya akhir
September lalu kebetulan ada promo buy 1
get 1 alias beli satu botol gratis
satu botol. Satu botol ini saya pakai di jupiter mx satu botolnya lagi saya
hibahkan ke teman saya yang motornya kebetulan sama old jupiter mx. Jika di
rupiahkan satu botol deltalube daily ini di hargai 58 ribuan sekian untuk
kemasan 0,8 L harga yang sebenarnya nggak murah bahkan cenderung mahal untuk
oli dengan API SL meski sudah multigrade.
Drain
& Tuang
Oh
iya agar lebih afdol saat penggantian oli saya barengi dengan ganti filter oli
juga. Step by step ganti oli tidak usah saya jelaskan toh semuanya jelas sudah
pada tahu, hehehe. Setelah di drain tampak oli msx curah sudah menghitam tapi
tidak pekat dan secara kasat mata masih ada lapisan filmnya pertanda oli masih
bagus sebenarnya untuk di gunakan.
Setelah
lepas filter oli juga pilihan ganti FO rasanya tepat karena sudah satu tahun
lebih terakhir ganti FO, tampak dalam gambar filter oli sudah kotor dan
menghitam pekat dan kotoran dan gram-gram sisa pembakaran terselip diantara
kisi-kisi kertas filter oli.
filter oli hitam pekat |
Setelah
hampir semua oli keluar lewat lubang pembuangan dan filter oli kemudian saatnya
tuang oli deltalube, dan taraa anjirr warnanya merah darah euuy olinya. Memang di
beberapa forum pewarna oli di deltalube terglong sangat kuat, bahkan menurut
beberapa user deltalube 2000 km pemakaian oli masih bewarna merah, anjay !.
merah darah |
Sebenarnya
gak ada yang salah dengan pewarna yang kuat ini, akan tetapi sedikit
mengkhawatirkan warna oli yang kemerahan bisa menyamarkan keadaan kinerja pembakaran/pelumasan dalam mesin. Contoh salah satunya saat pengguna melakukan droptest di tisu
pasti mengacu pada warna oli seperti apakah oli mengalami fuel dilution atau
tidak dengan mengamati dari warnanya, tapi kalau oli yang pewarnanya kuat macam
deltalube (dikhawatirkan) bisa menyamarkan kinerja oli saat droptest cmiiw. Tetapi
toh sebenarnya masih bisa berpatokan pada bau oli, bau bensin atau tidak, kalau
ini dengan bau oli deltalube yang tidak menyengat seperti halnya oli lain
kebanyakan, saya rasa cara mengecek bau adalah yang paling akurat saat droptest
oli ini.
- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
Impresi
Shifting gear Smooth
Setelah
oli tertuang ke dalam mesin, saat test ride dan tara ternyata hasilnya cukup
mengejutkan. Dan setelah 5 hari pemakaian impresinya ternyata tetap konsisten,
so bagaimana impresinya berikut
+shifting gigi smooth, yap oper gigi persneleng terasa smooth dibanding msx ? jauh lebih smooth deltalube daily, padahal ciri mesin en mx, njmx, dan vixion series yang rada kasar ceklak ceklok saat oper gigi begitu pakai oli ini menjadi lebih smooth, terasa hanya bunyi klik klik.
+ Suhu stabil, di pemakaian dalam kota tidak ada gejala mesin kedodoran karena kepanasan so sebenarnya ini mirip2 dengan msx yang bisa mengatasi panas berlebih di mesin dengan kompresi 11:1 macam jupiter mx.
+tarikan atas ngisi, sebenarnya saya agak kurang suka ngebut, hehehe. Tapi rasanya gak afdol kalau nggak di coba pakai deltalube, dan good job tarikan atasnya ngisi dan gak kedodoran, istilahnya motor rasanya kudu di gas terus, hehehe.
-akselerasi biasa saja, yup untuk oli seharga 58 ribu akselerasi termasuk biasa saja alias gak ada yang istimewa, bahkan dengan msx yang viskositasnya lebih kental terasa hanya sedikit lebih enteng saja. kalau boleh di kata cenderung mirip enduro racing menurut saya.
-mirip hdeo di pagi hari, ya saat pertama kali di hidupkan dan kemudian dikendarai di pagi hari deltalube serasa mirip2 dengan msx yaitu kurang “klik” alias butuh waktu agak lama untuk enak, tapi selang 10-15 menit kemudian baru terasa enak padahal ini bukan oli hdeo 15W-40 loh.
So
kurang lebihnya impresi 5 hari pemakaian adalah seperti yang saya tulis di
atas. Kelebihan yang paling saya suka tentu pada shifting gigi/gear yang smooth dibanding oli lain yang
sebelum-sebelumnya saya pakai di jupiter mx. Meski begitu akselerasinya
termasuk biasa-biasa saja menurut saya alias gak ada yang istimewa dan gak jelek
juga sih (biasa2 saja).
deltalube enak ? gak "enak", tapi "enak banget", hehehe |
Overall
sebenarnya saya masih beranggapan potensi oli deltalube daily 757 ini masih
bisa lebih dari yang saya harapkan, tapi setidaknya klaim deltalube jika oli ini long drain atau
masa ganti oli yang lebih lama sudah sedikit banyak membuat saya respect dengan oli ini . So deltalube
mengklaim oli ini tahan 2-3 kali lebih lama dibanding oli lain so taruhlah
rata-rata oli lain 2000-2500, deltalube 2-3 lebih lama jadi bisa sampai
5000-7500 km pemakaian. Motor mx ini 8 bulan saja baru 2000-2500 km, jadi kalau
bisa sampai 7500 km bisa 24 bulan atau
1,5 tahun baru ganti oli, hehehe.
Semoga
bermanfaat
Nb,
hasil impresi bisa saja berbeda di motor
lain, penulis tidak berafiliasi dengan brand oli manapun
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Saya sangat waswas memakai oli deltalub saat pertama..
BalasHapusTp ketika saya membaca artikel bang joru barula saya mengerti...#vixion