Welcome to October
Kali ini bjr akan membahas pergantian beberapa part pasca touring ke Jakarta bulan lalu
Setelah menempuh perjalanan lebih kurang pergi pulang sejauh 1700 km, tentu saja setelah itu motor tidak ada perubahan secara fisik hehehe, tentu saja ban masih sama, akan tetapi mesin tentu saja terasa kasar, tarikan berat , Alhasil sehari setelah itu langsung bjr periksa tipis-tipis si verza. Sebenarnya tidak banyak part yang perlu diperhatikan, suara kasar mungkin saja karena oli yang sudah wajib ganti pasca di paksa marathon ribuan kilo dalam rentang beberapa hari saja.
- Review Kereta Api Jayakarta Premium, Ekonomi Rasa Eksekutif
- Review Kereta Api Bisnis Gumarang, Satu-Satunya Jakarta-Surabaya
- Review Kereta Api GBMS, Termurah Surabaya-jakarta
- Review Pemakaian Xiaomi Redmi Note 4, Baterai Awet Parah
- Review Asus Max Pro M1, Worthed Tapi Gak Bagus-Bagus Amat
- Review Pemakaian Oli Amsoil Diesel Turbo Truck
- Review Pemakaian Oli Total Quartz 9000
- Review Mifi ZTE MF 90
Setelah turunin tas mbolang yang bjr iket di jok belakang , (khas petualang irit, hehehe), motor bjr standarin tengah, lepas baut tap oli yang ada di bawah, dan oli encer mpx1 pasca 1700 km langsung mengucur, menunggu oli yang keluar dari mesin bjr buka jok bongkar filter udara, dan alamaak :( hitam pekat, perlu diketahui terakhir kali bjr ganti filter udara wakti itu bjr ulas di
- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
hitam maniss, eh hitam kotor hehehe |
Ya mungkin memang batas setiap 15 ribu km adalah sudah wajar ganti oli ternyata efek pakai pertamax gak ngaruh di umur filter udara. Kemudian cek busi alamak juga sudah waktunya ganti, waktu km 13 ribuan ane ganti busi waktu itu, memang sekarang sudah 30 ribu km ya wajar juga, jadi belanja part untuk kali ini
Oli mpx 1 (1 liter) : 41
Filter Udara : 50
Busi Denso U27 : 22 ribu
O iya brosis busi honda verza tipe dingin bisa pakai ngk cpr9e atau denso yang tipe u27, selain itu tidak direkomendasikan brosis. Sempat kesulitan cari busi dingin , dan setelah dealer ke 3 ahas baru nemu denso U27 seharga 22 ribu , jadi total belanja 113 ribu, semua part ganti sendiri ya brosis gampang kok, buka baut tap oli pakai kunci 12, filter udara pakai obeng kembang (+), lepas busi pakai kunci busi (lumayan ngirit ongkos loh , hehehe)
Volume Oli pasca 1700 km, |
Setelah oli bekas pakai di tuang di kemasan oli terlihat volume oli pasca 1700 km lebih tidak berkurang drastis, yaps terbukti mesin sohc dengan pendingin udara tidak boros oli, perkiraan susut 150ml, normal lah untuk pemakaian dengan jarak sedemikian jauh dan waktu 4 hari gas pol,
last saran ane lakukan pengecekan pada motor setelah digunakan touring jauh, dan juga mungkin perawatan pasca touring berbeda-beda setiap motor, tulisan ini hanya berbagi pengalaman bukan dijadikan patokan pasti,
Semoga Bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar