googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Perawatan Honda Verza Pasca Touring

Perawatan Honda Verza Pasca Touring

Welcome to October 


Kali ini bjr akan membahas pergantian beberapa part pasca touring ke Jakarta bulan lalu 

Setelah menempuh perjalanan lebih kurang pergi pulang sejauh 1700 km, tentu saja setelah itu motor tidak ada perubahan secara fisik hehehe, tentu saja ban masih sama, akan tetapi mesin tentu saja terasa kasar, tarikan berat , Alhasil sehari setelah itu langsung bjr periksa  tipis-tipis si verza. Sebenarnya tidak banyak part yang perlu diperhatikan, suara kasar mungkin saja karena oli yang sudah wajib ganti pasca di paksa marathon ribuan kilo dalam rentang beberapa hari saja.



Setelah turunin tas mbolang yang bjr iket di jok belakang , (khas petualang irit, hehehe), motor bjr standarin tengah, lepas baut tap oli yang ada di bawah, dan oli encer mpx1 pasca 1700 km langsung mengucur, menunggu oli yang keluar dari mesin bjr buka jok bongkar filter udara, dan alamaak :( hitam pekat, perlu diketahui terakhir kali bjr ganti filter udara wakti itu bjr ulas di 
hitam maniss, eh hitam kotor hehehe

Ya mungkin memang batas setiap  15 ribu km adalah sudah wajar ganti oli ternyata efek pakai pertamax gak ngaruh di umur filter udara. Kemudian cek busi alamak juga sudah waktunya ganti, waktu km 13 ribuan ane ganti busi waktu itu, memang sekarang sudah 30 ribu km ya wajar juga, jadi belanja part untuk kali ini 

Oli mpx 1 (1 liter) : 41

Filter Udara : 50 

Busi Denso U27 : 22 ribu 



O iya brosis busi honda verza tipe dingin bisa pakai ngk cpr9e atau denso yang tipe u27, selain itu tidak direkomendasikan brosis. Sempat kesulitan cari busi dingin , dan setelah dealer ke 3 ahas baru nemu denso U27 seharga 22 ribu , jadi total belanja 113 ribu, semua part ganti sendiri ya brosis gampang kok, buka baut tap oli pakai kunci 12, filter udara pakai obeng kembang (+), lepas busi pakai kunci busi (lumayan ngirit ongkos loh , hehehe)

Volume Oli pasca 1700 km, 

Setelah oli bekas pakai di tuang di kemasan oli terlihat volume oli pasca 1700 km lebih tidak berkurang drastis, yaps terbukti mesin sohc dengan pendingin udara tidak boros oli, perkiraan susut 150ml, normal lah untuk pemakaian dengan jarak sedemikian jauh dan waktu 4 hari gas pol,

last saran ane lakukan pengecekan pada motor setelah digunakan touring jauh, dan juga mungkin perawatan pasca touring berbeda-beda setiap motor, tulisan ini hanya berbagi pengalaman bukan dijadikan patokan pasti, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar