Verza lagi-verza lagi, ya maklum lah blog pinggiran mau bahas apa kalau nggak tunggangan sendiri.
Kampas rem memang merupakan piranti yang sangat penting di motor, gunanya pasti untuk menghentikan laju motor, akan tetapi bagaimana jika kampas rem anda cepet habis ?, ya mungkin memang waktunya habis, hehehe. Semua ini bermula ketika terdengar suara srek-srek-srek dari roda depan, bjr pun paham dengan gejala yang beginian, kalau nggak kaliper kotor ya kampas rem depan habis. Dan setelah di periksa ternyata kampas rem habis, tidak seluruhnya habis sih, tapi lebih tepatnya sudah tuipis, langkah pertama langsung ngacir ke toko sparepart (bukan ahas loh ).
- Review Kereta Api Jayakarta Premium, Ekonomi Rasa Eksekutif
- Review Kereta Api Bisnis Gumarang, Satu-Satunya Jakarta-Surabaya
- Review Kereta Api GBMS, Termurah Surabaya-jakarta
- Review Pemakaian Xiaomi Redmi Note 4, Baterai Awet Parah
- Review Asus Max Pro M1, Worthed Tapi Gak Bagus-Bagus Amat
- Review Pemakaian Oli Amsoil Diesel Turbo Truck
- Review Pemakaian Oli Total Quartz 9000
- Review Mifi ZTE MF 90
Kampas rem depan/ disk pad adalah sparepart yang paling sering jajan nomor 2, setelah oli yang rutin tiap 2 ribu km. Sebenarnya untuk disk pad atau kampas rem depan si verza memang rasa-rasanya cepet habis, terhitung sudah 3 kali ganti, dan sekarang sudah ke 4 kali , odometer pun sudah 30 ribu kilometer lebih dikit, jadi jika di rata-rata ketemu 10 ribu untuk 1 kampas rem depan/ disk pad ? boros ? pasti hehehe.
miris, tipiis |
Akan tetapi terlalu naif jika hanya berkata boros, banyak faktor yang mempengaruhi pendeknya umur disk pad/ kampas rem depan, setidaknya menurut analisa bjr ada beberapa faktor , cekidot brosis :
1.Gaya berkendara, lah ini juga mempengaruhi cepat tidaknya habisnya kampas rem, jika riding woles tentu kampas rem akan awet, lain cerita kalau sruntulan , seperti bjr sih , hehehe.
2. Porsi pengereman ideal dari berbagai literatur adalah 70% rem depan 30% rem belakang, tapi ya namanya felling, bisa-bisa juga 80% bahkan 100% rem depan, lah ini bjr terkadang begini nih,
3. Bahan kampas, memang kampas ori jaminan awet? belum tentu loh brosis, kalau ridingnya sruntulan, dan porsi pengereman salah ya sama saja bohong , hehehe.
- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
Dari beberapa alasan di atas mana yang paling berpengaruh ya, back to story, setelah bjr sampai di toko sparepart bjr tanya kampas rem new megapro , looh kok kampas rem nmp ?, sama brosis, untuk verza, nmp maupun cb150r , kampas rem depan sama plek, bisa saling substirusi, eh salah satu tipe, jangan mau diboongi diler, hehehe. lantas penjual tanya "ori opo gak" (ori apa nggak?), lantas bjr coba yang non ori, biasanya dikasih indopart, orisin, atau action 1, tapi setelah lihat barang alaamak federal , langsung dah sikat tanpa ragu, harga ? cukup 19 ribu , murah bukan hehehe. murahan pasti ? , lah tahu sendiri sparepart federal itu bijimana ?, (tengok gambar ada logo astranya).
serius cuma 19 ribu gan |
Sekadar informasi harga disk pad / kampas rem depan orisinil sekitar 50 ribu, lah bjr pakai federal 19 ribu, jadinya selisihnya lumayan, langsung pasang dah, gimana impresinya ? sama saja hehehe, awet nggak ? belum tahu baru pakai, ntar setelah 10 ribu km bjr review.
Last, intinya kali ini bjr coba disk pad/ kampas rem depan alternatif (baca non ori )
Semoga Bermanfaat
Semoga Bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Ane baru ganti kampas rem depan pas 17.000 km. Riding style lebih ke eco. Teknik pengereman menerapkan cara kerja ABS.
BalasHapusAbis mau gimana, ane pilih Verza emang kejar fungsi dan irit. Hehe...
hwaa awet bener gan,
Hapusthanks sudah mampir
kalo kampas belakang gmn bang ? td ane ngalemin rem blkg verza mendadak dangkal, bawa ke bengkel pinggiran katanya kudu ganti kampas 70rb, ane gak ada duit ya jd cm bayar jasa cek doang 20rb... pas lepas ban dll trus dipasang lagi eh masalah rem blkg dangkal td jd ilang, jd boong aja kali tuh bengkel
BalasHapuskalau mendadak dangkal (sensitif biasanya) bisa karena kotor atau kerja per kampas rem yang gak mau balik (njepit terus), biasanya sih cuma di bersihkan kelar dah masalah,
Hapusane baru km 9800, udh habis aja kampas remnya..pdhl blk setahun pake tuh motor...normal gk sih
BalasHapusgaya berkendara berpengaruh, normal kok segituan 7000 sampai 14000
HapusAne udh 21rb an km blm ganti kampas rem 😅😅😅. Gaya berkendara normal, tp lebih sering pake engine brake dan meminimalisir penggunaan rem. Hehehe....
BalasHapusedan, hehehe
Hapus