Halo Brosis
Ban
belakang verza sejak pergantian terakhir saya pakai IRC NR25,di samping
terjangkau juga saya tidak ada masalah berarti dengan ban bawaan verza ini.
Grip cukup, handling lumayan karena profilnya yang tinggi soal keawetan 20-25
ribu km sangguplah sebenarnya ban ini, tercatat sampai saat ini saya sudah
pakai 3 kali ini.
Yang
pertama tentu bawaan motor, kedua 2,5 tahun lalu hingga saya ganti karena getas
(produksi lama), dan yang terakhir setahun yang lalu.
Namun,
bencana menghampiri ini ban sejak Agustus lalu, dimana hampir tiap bulan sampai
bulan Desember awal ini rutin terkena ranjau paku, jiangkrek tenan kok pancen. Padahal di pemakaian sebelumnya selama
setahun pemakaian lebih tidak pernah ada paku yang menancap. Kalau ini sudah
pasti apes banget.
- Review Helm Joy Helmet
- Menjelang 5 Tahun Kualitas Body Honda Verza, Ternyata
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO & PCMO, Semua Tentang Enak dan Tahan Lama
- Ganti Aki Federal Quantum
- Review Kereta Api Jayakarta Premium
- Review Kereta Bisnis Gumarang
- Review Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan
- Ganti Kampas Kopling Verza Pakai GL Series
Sampai
awal Desember jumlah tambalan sudah mencapai 5 buah tentu buanyak ranjau yang
nancap mulai dari paku kecil, potongan seng, paku payung, sekrup komplit lah
otomatis juga besar tambalan bervariasi, yang paling parah tentu pecahan seng
dimana membuat ban terluka melebar otomatis di double cacing tambalan tublles, sampai pada akhirnya menyerah di
awal bulan Desember ini dimana bocor alus di bekas tambalan.
Corsa Cross S.
Langsung
melipir ke bengkel penjual ban, clingak clinguk lihat berbagai merk ban, irc
coret (bosan pakai), fdr (hmmm nanti dulu skip), aspira premio (depan aspira
belakang aspira ? skip dulu), corsa s123 (skip terlalu keras, heheh), sampai
akhirnya menatap ban dengan bungkus unik lah ini Corsa Platinum Cross S Ban
semi TAHU !.
Lalu
pilih ukuran, sempat bimbang meminang antara 120/80 atau 110/80 sampai pada
akhirnya saya pilih 110/80 mengingat inilah ukuran ban “paling ideal” untuk
namplok di velg belakang verza yang punya ukuran 250 inch nggak donat nggak
ngotak alias PAS !
255 ribuan |
Langsung
tanya harga ke penjual “255 mas”, juangkrik
murah men, padahal saya cek di online shop yang tidak punya toko fisik saja
masih 300 ribuan , tanpa tudung aling2 langsung bayar cash (yakale beli ban
kredit :I), langsung pasang ke tukang ban langganan cuma 15 ribu rupiah , nggak
takut velg boncel ? tenang tinggal bisiki “pak, dilemek I nggeh nek nyukil”.
Dan ternyata saya dapat ban produksi 3118 artinya minggu ke 31 di tahun 2018
tergolong fresh disamping cross S baru dilaunching corsa di awal tahun 2018
ini.
First Look
fresh 2018 |
Pandangan
pertama setelah di pasang, lebih ngepas dan lebih enak di lihat. Dari samping
buritan motor tidak terkesan terlalu tinggi malah ini dengan komposisi depan
pakai ban 90/80 dari samping ini paling cakep dan enak di lihat di verza.
Beda
saat pakai ban ukuran 100/90 yang tingginya minta ampun karena memang profil
ban dengan tinggi 90 adalah untuk mengincar durability.
Cek ban dengan bibir velg pun terlihat ngepass banget
sedikit agak rendah dibanding nr25 100/90 |
Saat
lihat dari belakang barulah ternyata tampak luas bidang 110 hampir sepenuhnya
menapak sempurna layaknya ban 100/90 alias nggak ada istilah ngedonat, malah jika
ban 100/90 terlihat kotak ban 110/80 di roda belakang verza lebih nampak
proporsional secara tampilan.
Impresi
Impresi
saat di naiki surprisingly tidak
seperti dugaan saya, ternyata malah “sedikit” agak lebih pendek malah dibanding
ban 100/90 perlu di catat tipis banget bedanya paling setengah sampai 1 cm, an,
kaki saya yang biasanya jinjit kini agak mendingan.
Soal
peforma, setelah 1000 km pemakaian awal yang saya rasakan bisa saya rangkum
sebagai berikut
Handling motor lebih stabil baik di jalan lurus atau saat
menikung, mungkin karena center of
gravity motor lebih pendek jadi handling motor sedikit banyak naik.
Grip Lumayan, bukan yang superb atau istimewa kalau menurut
berdasar feeling saya grip Cross S sesuai dengan harganya nggak beda jauh
dengan NR25 tapi cenderung sedikit lebih baik. Untuk digunakan sehari-hari baik
di jalan kering atau basah sudah mencukupi.
Bantingan agak keras, yap di jalan mix atau dengan simulasi melewati
polisi tidur bantingan bagian belakang agak sedikit lebih keras (stif) tentu saja masih jauh lebih baik
dibanding saat memakai ban 110/70 yang ceper. Corsa cross S ini sedikit lebih
keras dibanding ban standart 100/90.
Akselerasi sama saja, tidak ada perbedaan yang berarti dibanding saat
memakai ban dengan ukuran 100/90.
Kondisi Hujan Lebat so so, saya coba riding di jalan basah saat hujan lebat
grip ban masih lumayan terjaga, tidak lengket seperti Michelin pilot yang dulu
saya pakai, tapi dengan irc nr25 saya yakin saat hujan sedikit lebih baik.
Tidak ada gejala selip belebih saat di jalan basah, tentu saja untuk hal ini
asal rider tahu batas kemampuan ban tidak akan masalah.
Jalan Mix lumayan hajar, bukan jalan hutan belantara bebatuan, tapi kalau
mix aspal, beton pasir atau bahu jalan pun corsa cross S ini lumayan terjaga
gripnya, patern semi tahu nya lumayan mampu mengurai kontur jalan yang campur
aduk.
So
untuk impresi dan kesan pertama lumayan memuaskan corsa cross S ini, apalagi
dengan harga 255 ribu untuk ukuran 110/80-17 yang saya pakai. Soal keawetan
tentu saja hanya waktu yang membuktikan , tapi untuk ban dengan compound medium dengan profil semi tahu
untuk digunakan sehari-hari sudah lebih dari cukup, sedikit di atas ban OEM bawaan motor namun tetap
jangan berekspektasi terlalu tinggi.
nggak kotak atau ngedonat, PAS ! |
Semoga
Bermanfaat
- Touring Ke Lombok Part 1, Bikepackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan
- Touring Ke Lombok Part 3, Keliling Bali
- Touring Ke Lombok, Total Biaya Ngirit Banget !
- Kedung Jembar Malang, Wisata Yang Tersembunyi
- Touring Pakai GPS Atau Tidak , Enak Mana ?
- 5 Tujuan Touring Bagus di Jawa Timur
- PemakaianYamalube Carbon Cleaner di Honda Verza
- Sparepart Substitusi Honda Verza
- Ganti AkiFederal Quantum
- Substitusi Filter Oli Yamaha, Pakai Punya Suzuki
- Volume Oli Gardan Motor Matic
- Ekspedisi WahanaLogistik, Alternatif Kirim Paket Harga Murah
- Gak Suka Modif,Mending Upgrade Part Ini
- Ban Tubeless,Harusnya Jadi Standar motor Zaman Now
wew kasih alamatnya dong masjoru , cross s nya bli dimana?
BalasHapusmiring harganya