Halo Brosis
Kali
ini bahas oli untuk Yamaha nmax, secara sengaja memang virus untuk menggunakan
oli sesat di motor saya tularkan ke teman-teman terdekat, dan Alhamdulillah 80%
sudah nyemplung ikut sesat 10% belum berani, dan 10% nya tobat, hehehe.
Dari
berbagai macam testimoni dari teman tentu sebagian besar puas dengan oli sesat
yang dipakaianya entah itu oli pcmo atau pun oli HDEO, bahkan beberapa nyeletuk
“cuk, ngapain nggak dari dulu ya”, beberapa ada yang gonta-ganti sebelum
menemukan kecocokan, tapi overall sebagian besar puas kok, untuk yang tobat
memang tergiur dengan harga mco murah meriah yang biasa ia pakai.
- Review Helm Joy Helmet
- Menjelang 5 Tahun Kualitas Body Honda Verza, Ternyata
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO & PCMO, Semua Tentang Enak dan Tahan Lama
- Ganti Aki Federal Quantum
- Review Kereta Api Jayakarta Premium
- Review Kereta Bisnis Gumarang
- Review Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan
- Ganti Kampas Kopling Verza Pakai GL Series
Tapi
ada satu motor yang lumayan buat pusing juga nih, yaitu Yamaha nmax punya teman
saya yang sudah sejak setahun lalu resmi ane giring pakai oli pcmo di motornya,
tentu hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat jarak yang ditempuh teman saya
setiap harinya ini lumayan tinggi juga Sidoarjo-Surabaya setiap harinya ya
kurang lebih 50-60 km tiap hari.
Sebelum sesat
Sebelum
sesat tentu teman saya yang awam soal motor ini berkeluh kesah mengenai
motornya yang nggak enak, cepet panas. Langsung saja saat itu ane inisiatif
untuk mengganti oli mesin motornya setalah saya drain dan mengucurlah oli dalam hati sudah mempunyai felling olinya susut dan benar saja saat
saya masukkan ke botol sisa oli hanya kurang lebih 350-400ml botol prima xp, alias
menyusut 550 ml lebih dari kapasitas oli mesin yang 900ml.
Saat
saya tengok trip oli menunjukkan 3200 km, pasa saya Tanya pakai oli apa dengan
polos sang user menjawab y*m*l*b*, oh pantes.
Coba Oli Encer
Pasca
drain oli y*m*l*b*, lalu saya tuang oli mobil super 1 dengan viskositas 5w-30
yang masuk katagori encer karena rentang viskositasnya pendek. Satu poin
pemikiran saya saat itu “biasanya matic demen yang encer” , hal tersebut juga
didukung sistem mesin motor matic yang tidak ada piranti kopling di dalamnya
sehingga tidak ada kekhawatiran memakai oli encer.
Dengan
spesifikasi 5w-30 API SN plus sudah ILSAC GF5 dan sudah lolos vertifikasi GM
yaitu Dexos 1 tentu oli mobil super 1 bukan oli sembarangan, setidaknya dari
datasheet juga mendukung yakni Vi yang tergolong tinggi yakni 170 an , lalu
angka TBN yang lumayan yakni 8, flash point atau titik didihnya standart khas
oli 5w-30.
Impresi
pertama saat saya Tanya pemakainya, lebih enteng, konsumsi bbm sedikit lebih
irit dan suara mesin kasar. Mendengar testimoni teman yang berkata suara mesin
kasar pun langsung agak jiper, sampai di km 2300 an km teman saya mengeluh
nggak betah suara mesin yang kasar , alhasil saya drain dan taraa sisa 550- 600ml saja.
Lihat Oli Mesin Rekomendasi
Pabrikan & vampire mesin yamaha
Tidak
mau salah pilih lagi, saya pun searching
mengenai spesifikasi oli mesin rekomendasi pabrikan tentu berkaitan dengan
viskositas yang disarankan. Ternyata nmax direkomendasikan memakai oli 10w-40
dan 20w-40 artinya naik lebih kental boleh lebih encer dan rentang viskositas
pendek tentu jangan.
Dan
berdasarkan ubek-ubek juga di facebook LDIC juga banyak yang menyarankan untuk
tidak memakai ekor 30 di Yamaha nmax, tentu hal ini tanpa musabab karena mesin
nmax sama haus olinya dengan mesin
Yamaha lain seperti 1PA dan 2PV yang terkenal boros oli.
- fenomena PelajarBawa Motor Ke Sekolah, Perlu Disikapi Dengan Bijak
- Kaca Spion Pecah,Si Ve Pakai Spion Honda Beat
- Vario VS Aerox,Nama Besar VS Kaya Fitur
- Lampu Halogen,Jangan Pegang Kacanya !
- Review 4Kombinasi Sprocket Honda Verza
- Ganti BohlamLampu Honda Verza
Jika
di mesin 1PA dan 2PV ada obatnya yakni
ring piston 3Ci alias punya old vixion, di mesin generasi VVA seperti nmax yang
kapasitasnya 155cc belum ada obatnya mengingat diameter piston yang berbeda
(lebih besar) otomatis untuk mencari ring piston yang setangguh 3CI mustahil,
pilihan untuk menghilangkan vampire nya
tentu hanya bore up atau menanggalkan diasil cylinder alias tanam
boring. Tentu saja opsi ini coret mengingat teman saya masih nyaman dengan yang
standariyah, oke saatnya pilih oli dengan visko yang tepat.
PFT 2x pakai
Pasca
di drainnya oli mobil super 1, lantas saya putuskan untuk mencekokinya dengan
fastron techno 10w-40 sesuai rekomendasi pabrikan yakni 10w-40 tapi tentu
dengan spesfikasi yang lebih baik mengingat pft sudah API SN lainnya VI di
angka 160-an plus TBN yang mencapai angka 9-10
setidaknya jauh lebih baik dibanding oli y*m*l*b*, soal harga juga nggak
jauh dengan y*m*l*b* jika y*m*l*b* super matic 55 ribuan pft hanya 10 ribu
lebih mahal.
Di
pemakaian pertama pft testimoni teman saya sudah lebih baik akselerasi motor
cepat, konsumsi bbm standart alias sama seperti pakai y*m*l*b* dan getaran
lumayan tereduksi. Di pemakaian pertama ini dilakukan top up 100 ml di
kilometer 2000 an pemakaian dan dilakukan drain di kilometer akhir 4600-an km
sebenarnya sudah sangat memenuhi standart long
drain yakni 2x lipat (2000km)
Berikutnya
saya tuang lagi pft dengan top up 100ml di 2000-an km pemakaian dan baru
beberapa minggu yang lalu saya drain di kilometer 4600 pemakaian oli.
pft setelah 4600 an km |
Dari
2 x pemakaian oli pft tersebut saat saya drain oli yang tersisa konstan di
angka 600-650 an ml,artinya susut
350-400 ml dengan masa pakai 4600 km. dari sini saja sudah diketahui
tingkat ke vampire an Yamaha nmax, tapi tentu sudah jauh lebih mendingan
dibanding saat memakai oli y*m*l*b* super matic yang hanya tersisa 350ml saja
di 3200 km pemakaian.
Tuang Yang Lebih Kental
saat
di drain pemakaian ke dua beberapa minggu lalu, teman saya agak mengeluh
tentang ke kasaran mesin nmaxnya, saya bilang memang begitu adanya suara mesin
nmax, kalau halus ya Honda. Si teman meminta adakah oli yang bisa mengurangi
suara kasar mesin nmax, sebenarnya saya rekomendasikan pakai oli dengan
viskositas 5w-40 tapi rata-rata oli dengan visko tersebut tergolong mahal
paling murah pakai mco shell advance ultra matic seharga 75-80 ribuan.
Lalu
daripada melebarkan viskositas oli mengapa tidak pakai oli pcmo/hdeo dengan viskositas
yang lebih rapat alias lebih kental. Kebetulan stock pfd di rumah melimpah,
setelah mendapat lampu hijau dari yang punya motor akhirnya saya tuang fastron
diesel 15w-40 API SL tapi untuk API dieselnya sudah CI-4, spesifikasinya pun
lumayan dengan TBN 11 VI nya hanya di 150-an saja tapi satu hal karakter oli
diesel yang kuat adalah soal menahan suhu panas mesin, karena oli diesel di
buat tahan untuk mampu meredam kompresi mesin diesel yang tinggi kalau di motor
yang kompresinya hanya 10-11 tentu lebih dari sanggup untuk meredam panas.
Testimoni
Rupanya
pemakaian fastron diesel di nmax lumayan mengurangi suara kasar mesin
setidaknya demikian yang dirasakan teman saya, akan tetapi kompensasinya tentu
akselerasi awal sedikit lebih berat dibanding saat memakai pft. Tapi, setelah
15-20 menit pemakaian pfd dengan pft tidak ada bedanya sama-sama cess pleng alias yahuuud saat digeber,
begitulah testimoni dari teman saya.
So,
mungkin memang Yamaha nmax tidak disarankan untuk memakai oli dengan viskositas
encer, minimal adalah 10w-40 yang sudah sangat buanyak pilihan oli dengan visko
tersebut dipasaran. 15-40 juga bisa menjadi alternative untuk yang mencari untuk
mereduksi suara kasar mesin. Akan tetapi, tentu jika budget mumpuni disarankan
untuk memakai 5w-40.
Semoga Bermanfaat
- Touring Ke Lombok Part 1, Bikepackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan
- Touring Ke Lombok Part 3, Keliling Bali
- Touring Ke Lombok, Total Biaya Ngirit Banget !
- Kedung Jembar Malang, Wisata Yang Tersembunyi
- Touring Pakai GPS Atau Tidak , Enak Mana ?
- 5 Tujuan Touring Bagus di Jawa Timur
- PemakaianYamalube Carbon Cleaner di Honda Verza
- Sparepart Substitusi Honda Verza
- Ganti AkiFederal Quantum
- Substitusi Filter Oli Yamaha, Pakai Punya Suzuki
- Volume Oli Gardan Motor Matic
- Ekspedisi WahanaLogistik, Alternatif Kirim Paket Harga Murah
- Gak Suka Modif,Mending Upgrade Part Ini
- Ban Tubeless,Harusnya Jadi Standar motor Zaman Now
Iya Gan, saya juga baru coba sae 5w40 u nmax saya.
BalasHapussekarang br 2000km. ntar liat sampai brp km?
so far puas pake oli 5w40 tarikan mantap mesin enteng konsumsi bbm ave 44km/ltr
dipakai harian dengan jarak tempuh 70km/hari.