Halo
Brosis
Sudah 5 tahun Honda verza di pasarkan di
Indonesia, dan ini motor saat ini tergolong lumayan popular di segmen sport. Ya
meski tampangnya sederhana dan fitur apa adanya, setidaknya kini nasibnya lebih
baik di banding motor sekelas yang lebih gagah seperti byson dan new
megapro, market share nya pun nggak
malu-maluin bahkan bersaing dengan yang lebih mahal macam ncb dan vixion.
Sampai akhirnya ahm memfacelift verza menjadi
cb verza 150 beberapa bulan lalu, secara keseluruhan desainnya nggak banyak
berubah, hanya lampu depan yang dulu runcing kini berubah membulat yang tampak
secara visual.
- Review Kereta Api Jayakarta Premium, Ekonomi Rasa Eksekutif
- Review Kereta Api Bisnis Gumarang, Satu-Satunya Jakarta-Surabaya
- Review Kereta Api GBMS, Termurah Surabaya-jakarta
- Review Pemakaian Xiaomi Redmi Note 4, Baterai Awet Parah
- Review Asus Max Pro M1, Worthed Tapi Gak Bagus-Bagus Amat
- Review Pemakaian Oli Amsoil Diesel Turbo Truck
- Review Pemakaian Oli Total Quartz 9000
- Review Mifi ZTE MF 90
Tapi nyatanya meski lampu bulat berkesan
retro dan sepertinya lebih di sukai, tapi sector penerangan ini mengalami
downgrade dari yang sebelumnya memakai 35 Wat tipe halogen HS1 kini menjadi non
halogen, padahal penerangan verza lama amat mumpuni ya sekelas dengan new
vixion sebelum di facelift LED.
Pilihan
bohlam lampu
Di verza lama untuk penerangan menggunakan
bohlam lampu tipe halogen HS1 dengan daya 35 Wat yang selama saya memakai 5
tahun ini mumpuni saat digunakan di malam hari. Tipe bohlam halogen lebih ampuh
dalam menyinari dan focus cahayanya lebih optimal dibanding bohlam biasa.
Saat putus pun , ini bohlam juga saat ini
lumayan banyak tersedia di toko-toko alias nggak ribet hampir sama seperti
lampu socket h14 25 w. Harganya pun bervariasi mulai dari belasan ribu sampai
puluhan ribu. So untuk yang kebingungan
mencari referensi bohlam HS1, setidaknya pilihan berikut bisa di pilih,
HGP, Tercatat sampai
saat ini merk hgp alias Honda genuine parts ini yang terawet di Honda verza
yang saya pakai. Harganya 50 ribuan dan relatif mudah di dapat di ahass. Merk
bohlam-nya (oem) Osram. Peformanya ya khas standart bawaan verza sama persis
cahayanya terang cenderung tebal dan focus di satu titik, 2 kali memakai bohlam
ini kompak mati saat umur 1,5 tahunan.
Yamaha
1PA, jika mengincar peforma yang sama dengan bawaan verza tapi
dengan harga yang lebih murah bisa memakai punya Yamaha new vixion dengan kode
1PA. bohlam oem bawaannya sama dengan verza yaitu osram, tapi dengan harga yang
lebih murah yakni 37 ribuan saja.
Yamaha
3CI, Jika menilik merk oem yang lebih baik bisa lirik punya
Yamaha vixion dengan kode 3ci. Dimana bohlam seharga 69 ribu ini memiliki
keluaran sinar yang lebih soft
dibanding osram dan pendaran cahaya yang lebih merata tidak heran karena bohlam
ini keluaran Philips made in germany.
Aspira
HS1, bohlam hs1 termurah yang pernah saya pakai, harganya
nggak mahal Cuma 18 ribuan saja. Keluaran aspira dengan produksi PRC (china)
tak heran harganya murah. Kaluaran cahayanya pun hampir mirip dengan osram oem
verza tapi masih sedikit dibawahnya, hanya saja umurnya ketika saya pakai hanya
berkisar 5-7 bulanan saja, cocok buat yang suka murah tapi nggak cocok buat
yang nggak suka ribet ganti bohlam tiap 6 bulan.
Osram,
NPP, NPR, di rentang harga belasan ribu sampai maksimal 25 ribuan
ada 3 merk ini yang banyak di temui di pasaran. Teman bengkel pun juga
menuturkan alternatif jika aspira kosong kebanyakan akan beralih ke 3 bohlam
tersebut. Cahaya yang dihasilkan pun mirip2 begitu juga umur bohlam yang hanya
berkisar maksimal 10 bulan.
Semoga
bermanfaat
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Sport Fairing Non Jepang Murah, Punah !
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar