googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Kereta Api Tawangjaya, Jakarta - Semarang Termurah

Kereta Api Tawangjaya, Jakarta - Semarang Termurah



stasiun pasar senen

Halo Brosis
Sebenarnya late post, tapi tidak mengapa daripada tidak sama sekali

Setelah berangkat ke Jakarta menggunakan Jayakarta Premium yang nyatanya memang dalamnya premium, kini perjalanan pulang saya putuskan untuk sedikit menyisahkan waktu bermain-main di kota semarang, ya setidaknya saya punya voucher dari airy rooms yang besarannya lumayan jika saya tidak redeem (gunakan), jadilah saat itu setelah kegiatan di Jakarta selesai saya putuskan saat pulang saya mampir ke Semarang.

Yang utama tentu transportasi, ya setelah (agak) mewah di perjalanan berangkat, kini perjalanan pulang kembali ke gubuk derita alias menggunakan transportasi murah, hehehe. Tetap naik kereta api, akan tetapi saya ikhtiar “yang paling murah” toh ini perjalanan sekalian pulang yang tidak ada keharusan kondisi bugar saat sampai di tujuan.

Pilihan transportasi “ter” murah Jakarta-Semarang adalah naik kereta api kereta api Tawang Jaya tujuan Stasiun Pasar Senen sampai Semarang di Stasiun Poncol. Harga tiket kereta api Tawang Jaya  adalah 70 ribu rupiah, akan tetapi berhubung saya punya voucher blibli.com, walhasil setelah saya gunakan voucher potongan 50 ribu rupiah, jumlah yang saya bayarkan untuk perjalanan Jakarta-Semarang hanya 20 ribu rupiahb saja, sebuah angka yang sangat amat murah, thanks to blibli.com.

kereta api tawang jaya


Kereta Keberangkatan Paling Malam & Rangkaian Gerbong Panjang
Kereta api tawang jaya berangkat pukul 23:00 WIB alias jam 11 malam, ini kereta dengan keberangkatan paling malam yang pernah saya naiki. An. Meski bukan weekend ternyata jumlah penumpang di stasiun pasar senen tergolong ramai, dan  ternyata bukan isapan jempol belaka jika traffic kereta Semarang-Jakarta tergolong tinggi.

Antrian menuju dalam stasiun mengular sampai 3 lajur, untungnya saya yang sudah standby sedari pukul 10 malam tidak capek-capek antri masuk ke peron stasiun. Setelah menunjukkan tiket dan kartu identitas lalu penumpang langsung dipersilahkan masuk ke dalam peron stasiun lanjut langsung masuk ke dalam kereta api, dan ternyata ini adalah kereta di stasiun pasar senen yang jadwal keberangkatannya paling malam.  
Setelah masuk ke peron penumpang langsung di arahkan masuk ke dalam kereta api Tawang Jaya, dan surprisingly ini kereta rangakaian gerbongnya puanjang amit-amit, saya yang emilih seat di gerbong 7 ternyata setelah menoleh ke belakang dari luar (gerbong selanjutnya) ternyata masih panjang, dan ternyata kereta api tawang jaya ini jumlah rangkaian gerbongnya mencapai 14 gerbong penumpang, lengkaplah sudah paling malam berangkatnya paling panjang pula rangkaian gerbongnya, sudahlah murah tak boleh banyak nuntut, hehehe.

kereta api tawang jaya
14 gerbong penumpang
Sekilas Kereta Api Tawang Jaya
Kereta Api tawang jaya adalah kereta api kelas ekonomi yang dioperasikan oleh PT KAI dengan relasi perjalanan Semarang – Sampai Pasar Senen dan (sebaliknya). Kereta Api tawang Jaya terbagi atas 2 jenis yakni kereta api ekonomi tawang jaya (biasa) dan tawang jaya premium. Kereta api tawang Jaya merupakan satu dari dua kereta api yang berdinas regular dengan rangkaian panjang (bergabung dengan KA Kertajaya) dengan total panjang rangkaian 14 gerbong kereta K3, 1 Unit gerbong reservasi, dan 1 gerbong pembangkit. Dengan jumlah rangkaian tersebut kereta api tawang jaya termasuk kereta api dengan rangkaian kereta api dengan rangkaian gerbong terpanjang.

Lorong Sempit
Setelah menemukan gerbong nomor 7 saya langsung masuk dan tara, ternyata space lorong dalam sangat sempit. Untungnya tempat duduk saya di nomor 1A yang ada di dekat pintu masuk, alhasil saya tak perlu melewati lorong gerbong yang sempitnya bukan main, saya kira-kira lebar lorong berkisar ukuran penggaris 30-40 cm.

kereta api tawang jaya
lorong sempit
Bisa ditebak dengan kondisi lebar lorong sesempit itu penumpang kereta yang papasan di dalam kereta harus mengalah salah satu jika berjalan, saya. Menurut saya memang lebar lorong terlalu sempit padahal dengan konfigurasi kanan kiri 3+3-2+2  ternyata space lebar lorong bisa sesempit itu.

Busa Tempat Duduk lumayan tebal
Untungnya setelah sempat jipper dengan lebar lorong gerbong yang sempit sedikit terobati dengan busa tempat duduk yang bisa dikata untuk kelas ekonomi ac murah ini yang paling tebal menurut saya.
tempat duduk lumayan
Terlihat di foto yang saya ambil di atas, busa kursi lumayan tebal setidaknya saya dengan postur 165 dengan berat over cukup nyaman saat saya duduki, apalagi dengan berat yang lebih ringan dari saya seharusnya akan lebih nayaman duduk, meski sudut kursi 90 drajat memang sangat melelahkan untuk sandaran punggung.

Lainnya khas Ekonomi
Selama 7 jam lebih perjalanan yang saya lihat kereta tawang jaya ini sisannya khas sama dengan kereta ekonomi lain seperti gbms. Toilet sama tidak istimewa tapi size-nya lebih bersahabat dibanding jayakarta premium yang ekstra sempit toiletnya. Stop kontak alias colokan untuk ngecas hp pun ada beserta tempat menaruh botol minum.
rute & stasiun pemberhentian
Suhu gerbong kereta tergolong dingin, saya sarankan untuk yang nggak betah dingin baiknya memakai jaket, karena suhu gerbong tergolong dingin. Soal keersihan gerbong juga bagus, dimana petugas juga 3 kali selama perjalanan riwa-riwi membersihkan bagian dalam gerbong. Hanya petugas keliling yang menjual makanan dan minuman tercatat hanya 2-3 kali lewat untuk menawarkan makanan dan minuman, mungkin ini kereta dengan keberangkatan malam otomatis banyak yang tidur selama perjalanan.

colokan, langsung diserbu iphone user, wkwkwk
At last, untuk kereta api dengan tariff 70 ribu rupiah bisa dikata sudah layak untuk menggunakan moda transportasi kereta api tawang jaya ini, terlebih jika dibandingkan transportasi lain, mana ada dengan ongkos tiket 70 ribu rupiah saja bisa memindahkan tubuh anda dari Jakarta ke Semarang.

+ murah
+ busa kursi lumayan
+ kebersihan terjaga
-lorong sempit

Saran, untuk anda yang nggak betah duduk selama 7 jam atau akrab dengan toilet disarankan memilih tempat duduk dekat pintu karena tidak harus repot2 berjalan melewati lorong kereta yang sempit. 

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar