googlef1d469d5fe68ebf6.html BangJoRu: Impresi Oli Total Quartz 9000 5w-40 API SN di Honda Verza, Halus

Impresi Oli Total Quartz 9000 5w-40 API SN di Honda Verza, Halus



Halo Brosis

Setelah tragedi ganti oli di ahass, maka selajutnya sampai di rumah oli mpx 1 yang sebenarnya baru jalan 6 kilometer sesuai jarak bengkel ke rumah langsung saya drain. Apa nggak mubazir ? jelas mubazir secara oli baru jalan 6 ribu kilometer kok langsung di drain, tapi apalah daya fell berkendara menggunakan mco yang sebenarnya favorit saya dulu sebelum sesat ini terasa berbeda, lebih buruk ? iya jelas !

Bagaimana nggak lebih buruk, dari amsoil diesel truck lalu ke ahm mpx 1, ibaratnya bagaikan bumi dengan atap langit, sensasi ngebas hilang, shifting kasar, wes pokok’ e ra enak blas “sudah pokoknya nggak enak sama sekali”.
Sampai rumah tunggu adem satu jam lalu drain , dan, tara sudah hitam. Setelah itu bimbang antara tuang kembali amsoil diesel atau total quartz 9000 alias tq9k. Viskositas sama yakni 5w-40 harga keduanya pun juga mepet-mepet. Akhirnya saya putuskan tuang saja total quartz 9000 5w-40 itung-itung coba-coba toh stock oli ini saya ada 2 botol jadi kalau cocok ya tuang lagi, kalau nggak ya ganti, hehehe.
Impresi
Setelah satu bulan pakai dengan jarak tempuh kurang lebih 1700-an km berjalan, rasanya tq9k ini memang punya karakteristik tersendiri, mungkin karena ini oli pcmo meski viskositas sama dengan ADO, akan tetapi jenis keduanya berbeda satu pcmo satu hdeo.

Suara Mesin Smooth, yap halus alias ualus puol bisa di bilang tq9k adalah oli paling halus yang pernah saya pakai, bahkan Ado yang sudah full synthetic yang sebelumnya saya katakan sudah halus, ternyata tq9k lebih halus lagi. Saat stasioner lebih senyap, dan saat motor digunakan jalan tambah alus lagi.

Akselereasi, ringan sama halnya seperti ADO  hanya tq9k lebih enteng dikit aias beda tipis, sesuai karakteristik 5w-40 lah. Dibandingkan dengan 10w-40 ? jelas tq9k lebih ringan.


total quartz 9000


Engine Breake, jika di ADO engine break yang di hasilkan saat tutup gas dan turun gigi saya rasa pas, berbeda dengan tq9k yang terasa lebih minim nggak sekejam pft yang nglunyur kurang ajar, tapi 11-12. Menurut saya kembali membiasakan karena Ado lebih manusiawi soal engine break-nya.

Shifting, berhubung verza motor kopling basah jadinya parameter ini saya masukkan. Untuk shifting gigi persneleng t9k smooth tapi beda dengan ADO yang halus di awal pemakaian tapi keras saat mesin panas, tq9k ini lebih konsisten peforma shiftingnya. Gejala slip kopling juga minim dan kopling malah saya rasa lebih menggigit dan lebih mantap dibanding ADO.

Panas Mesin, nggak adem-adem amat sebenarnya, jika dibandingkan dengan ADO dengan viskositas yang sama tq9k masih dibawahnya dalam meredam panas mesin, tapi dibandingkan pft 10w-40, tq9k lebih baik, malah saya rasa tq9k ini sama baiknya dengan prima xp dalam menjaga suhu mesin.

Konsumsi BBM, khas 5w-40, irit adalah kata yang pas untuk menggambarkan bagaimana konsumsi bbm saat menggunakan oli dengan viskositas terencer yang aman digunakan di kopling basah. Yap viskositas 5w-40 adalah batas oli terencer (5w) yang aman digunakan di kopling basah, sama halnya saat memakai amsoil diesel (ADO), saat memakai total quartz 9000 ini juga demikian terasa iritnya. Angka pasti konsumsi per liter berapa kilometer memang belum saya tes, tapi satu bar indicator bbm rata-rata habis/ bisa menempuh 75-85 km.

Parameter lain sebenarnya ada, seperti volume oli dalam kemasan botol yang t9k pas seliter sedangkan ADO 946ml, gak masalah sebenarnya tapi ya lebih tenang dan afdol 1 liter sih menurut saya, hati lebih tenang gimana gitu, hehehe.

Yap ini baru impresi 1 bulanan pemakaian dengan jarak tempuh 1700-an km, terlalu cepat untuk membuat kesimpulan tapi dengan impresi pertama pemakaian bisa di komparasi dengan oli sebelumnya yang saya pakai dan sama-sama pertama kali pemakaian. Bukan maksud saya mengkomparasikan antara keduanya (melon to melon), akan tetapi parameter impresi/review oli ya dari pemakaian sebelumnya memang tidak terelakkan dan saya rasa itulah hakikat sebenarnya.

Masalah lebih baik yang mana saya rasa keduanya punya karakter yang berbeda dan punya keunggulanya masing-masing. Satu hal yang saya suka dengan memakai viskositas yang lebar macam 5w-40 (baik di ADO maupun tq9k) adalah suara yang ngebas saat akselerasi dan sensasi saat kick down yang tidak ada di oli oli sebelumnya yang saya pakai.

Semoga Bemanfaat





Tidak ada komentar:

Posting Komentar