Halo
Gansis
motor nguli, 13 tahun baru ganti jeroan mesin |
Sebenarnya
tulisan ini terlilhami oleh pengalaman bjr sendiri, ya beberapa waktu yang lalu
motor kantor ibuk bjr yaitu supra x lansiran lama (2003)yang bjr servis besar. Ya
nggak besar-besar amat juga tapi cukup buat kantong bolong. Servis meliputi
ganti piston set, kampas kopling,rantai kamrat, dan klep.
Sebenarnya
yang pakai motor sudah diruh biarkan saja, toh hanya dipakai gawe dengan rute 8
km tiap harinya, tapi sebagai anak yang berbakti (ciyee, hehehe) ya bjr gak
bisa diemin gitu saja.
Lah
ini kendalanya tentu saja dana, lah gimana yang punya motor nggak kasih lampu
hijau buat servis tu motor akhirnya bjr cicil beli sparepartnya. Bjr mulai
membeli satu per satu pasca touring ke Jakarta tahun lalu, ya kira-kira 6
bulananlah nyicil.
Setiap
1 atau 2 minggu bjr sisihkan buat beli sparepart motor, berat memang , terlebih
bjr lagi sibuk2 nya buat nyelesaikan skripsi, mengejar lulus semester depan.
Beberapa part memang tidak mahal akan tetapi ya itu sambil melihara si mx dan
verza belum lagi keperluan kuliah belum lagi skripsi, disinilah bjr berlatih
memanajemen keuangan seefisien mungkin (nggak rugi kuliah di manajemen, meski
Cuma 1 semester, wkwkwk).
nyicil nyicil, hehehe |
Beberapa
part tersebut (seperti yang tampak difoto) adalah sebagai berikut :
Rantai
kamrat kit Ori HGP = 65 ribu
Kampas
kopling Ori HGP = 75 ribu
Klep
In Out Ori HGP = 70 ribu
Seal
Klep Ori HGP 2 biji = 22 ribu
Pack
Top Set TGP = 28 ribu
Oli
Prima XP 1 L = 37 ribu
Dop
Lampu Depan Ori Yamaha = 24 ribu
As
shock belakang Asco 1 set = 70 ribu
Busi
NGK = 14 ribu
Piston
Kit Ori HGP = 120 ribu
Seal
Shock Depan 2 biji Federal = 30 ribu
Oli
Shock = 15 ribu
Kampas
rem belakang Orisin = 25 ribu
Total
= 595 ribu
Ya
memang bukan jumlah yang besar (bagi yang punya uang, hehehe) tapi bagi bjr
yang masih mahasiswa ya kalo disuruh bayar segitu langsung mah langsung jadi
pengangguran di rumah, hahahaha.
Alternatif Rondo Menggiurkan di Range Harga New CBR 150 R
Alternatif Rondo Menggiurkan di Range Harga New CBR 150 R
Dan
akhirnya minggu lalu semua barang terkumpul (beberapa nggak sempat ke foto),
dan langsung dah bjr taruh di bengkel langganan, dan 4 hari kemudian bisa
diambil. Ongkos 120 ribu untuk mengganti semua ditambah ongkos kolter 40 ribu
(bengkel resmi asti lebih mahal hehehe).
ganti as shock belakang sekalian |
Setelah
itu langsung dibawa pulang, lah ibu bjr bilang kok motor e tiba-tiba enak ?, ya
bjr jawab “ya didandani” (diperbaiki), langsung dah, ahamdulillah setelah
mengetahui semua ongkosnya bjr dapet ganti, separuhnya hehehe, lumayan (walau
tetep rugi)
Last
ini hanya sekadar berbagi pengalaman saja, dan mungkin bisa juga ditiru, bila
motor agan agan yang sudah waktuya servis besar bisa disiasati seperti bjr ini,
ya mungkin kalau anak kuliahan butuh 5-6 bulannya ngumpulin, tapi kalau sudah
kerja ya paling 2 bulan sudah terkumpul semua, (bergantung niatnya juga sih ,
hehehe). Sekian terima kasih
Semoga
bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar