Rumor tentang kemunculan pengganti honda cs 1 memang tak semarak motor-motor lain,bahkan bisa dikatakan adem ayem saja,terakhir bahkan dibeberapa website dan forum bertebaran berita yang menyebutkan bahwa AHM akan menyiapkan bebek Ayago semacam Suzuki Satria F,tentu saja maksud dari AHM ini adalah untuk menggulingkan Satria F dari tahtanya dan jelas akan berkecimpung dalam pasar bebek Ayam Jago.
Memang berita yang tersebar masih sebatas rumor,akan tetapi tidak ada salahnya jika dibahas toh,meskipun sampai saat ini belum ada bukti kuat,teaser ataupun TPT tentang motor ini,dan toh honda saat ini terlihat masih adem ayem tentang nasib CS1.CS 1 yang dilaunching AHM sekitar tahun 2008 lalu sampai saat ini terlihat semakin menurun saja popularitasnya,mengusung genre baru saat itu dimana mengusung gaya bebek,senyaman matic,dan peforma motor sport toh nyatanya penjualan awal yang bisa dibilang lumayan ternyata hanya efek rasa penasaran semata selebihnya sampai saat ini penjualannya pun bisa dibilang berdarah-darah.
Upgrade Desain Sonic
Inilah berita /rumor terakhir yang beredar dimana pengganti CS1 ataupun refreshment dari honda cs1 mengambil dari basis honda Sonic.Ya honda sonic memang mempunyai nama yang cukup disegani diluar negeri sono (thailand),bebek ayago honda yang lahir awal 2000 an (cmiiw) ini pada saat itu merupakan primadona tentunya bersandingan dengan Suzuki Raider 125 (Satria).Ya memang cs 1 saat ini hanya mengambil mesin sebagai bagian yang diambil basissnya dari sonic selebihnya cs1 merupakan desain yang benar-benar baru yang dibuat AHM.Dan melihat track record cs1 selama 5 tahun ini yang kurang sukses bisa dibilang kans honda untuk merubahnya menjadi bebek ayago sangatlah terbuka,mengingat model ayago saat ini sangat digemari di Indonesia,tengok Saja Satria yang sukses terjual puluhan ribu unit tiap bulannya jelas berbanding kontras dengan CS1 yang kabrnya penjualannya hanya sampai hitungan jari.Jadi tidak ada alasan lagi bagi AHM untuk membuat perubahan pada CS1 menjadi Ayago murni kan.
mesin tetap 125cc,tapi PGM-FI adalah solusi terbaik |
Mesin 150cc
Kabarnya lagi Mesin juga mengalami perombakan yang cukup signifikan,dimana mesin akan menggunakan kubikasi 150cc,akan tetapi hal ini tentunya bisa sedikit diragukan mengingat honda tidak memiliki basis SOHC 150cc berpendingin cairan,yang ada hanya basis kaizen layaknya NMP tapi hal tersebut rasanya tidak mungkin.Ya isu mesin 150cc SOHC berpendingin cairan memang tidak hanya menerpa honda new supersonic,akan tetapi Streetfire kala itu yang masih berupa puzel-puzel juga pernah diisukan akan memakai mesin boreup 150cc SOHC turunan honda Sonic,Nyatanya Streetfire malah ambil basis CBR150 (meski nggak sama).Belajar dari spekulasi dari yang lalu rasanya mesin SOHC honda sonic 125 yang mampu mengeluarkan tenaga 12,8dk/10.000rpm rasanya akan tetap dipertahankan oleh honda tentunya sedikit dirubah dengan perubahan disektor pembakaran yang menggunakan PGM-FI.
DOHC ? rasanya kemungkinannya kecil banget |
Gunakan Mesin DOHC masih beresiko
Bagaimanapun juga mengambil opsi dengan menggunakan mesin DOHC menurut ane terbilang beresiko,bagi honda,Ya memaksakan mesin DOHC akan berimbas pada termakannya pangsa sport mereka jikataruhlah supersonic mesin DOHC 150cc layaknya CB ataupun CBR tentu banderol akan lebih tinggi dan perkiraan sama dengan Satria dan bisa ditebak meski segen ayago dan sport beda tapi jika teknologi dan mesin sama,tampaknya konsumen akan lebih melirik yang lebih murah kan.Opsi tetap mengandalkan mesin sonic 125 adalah yang terbaik toh kehandalan mesin ini tidak perlu diragukan lagi.
Strategi sebenarnya adalah Harga
Jangan tanya bagaimana strategi honda,ya pricing honda adalah yang terkuat tengok saja Verza dan hasilnya sekarang dahsyat bukan,contoh lain tengok Vartek 125 teknologi PCX harga kompetitif kompetitor pun dilumat habis.Hal ini tentunya akan diterapkan honda pada pengganti/facelift CS1 dimana honda akan memainkan strategi harganya,jika saja new cs1 atau sonic atau apalah itu namanya,tetap menggunakan mesin sama dengan sedikit ubahan di sektor pengabutan (injeksi) dan desain ayago layaknya sonic dan dibanderol dengan harga sama atau dibawah 18 juta,tampaknya jatah kue segemen ayago yang selama ini dimakan Suzuki Satria F rasanya tak mustahil akan direbut honda juga.
analisa yang detail dan segmented, akan tetapi jika tetap pakai mesin 125cc dan baby satria rilis bakalan kerja 2 kali imho, y mau gak mau y memang harus revisi power masing2 line up jika mau head 2 head
BalasHapusmenurut opini gue, mendingan mesin 125cc di turunkan ke blade series yang notabene repsol edition motogp kemudian benamkan engine cb150 ke cs1 v.20 dan cb150 revisi power menjadi 19 ps toh CBR150 kan barang CBU ( flagship ) dan pastinya untuk tahun2 mendatang akan tetap membutuhkan upgrade power jadi tidak akan berimbas banyak dan mengedepankan product lokal
jika ditilik dari motor sport honda seharusnya spek untuk power =
1. versa 150 = 13 ps
2. nmp 150 = 15 ps
3. cs1 v.2.0 = 17 ps
4. cb150r v.2.0 = 19 ps
5. cb150rr fairing = 20 ps
6. new tiger = 23 ps
....
cbr 150 seharusnya 21 ps
cbr 250 seharusnya 26 ps
cbr 300 30 ps
....
sehingga konsumen beli tidak ada pikiran downgrade sana sini........
kapan ahh kluar d iNdoe??? :-)
BalasHapus