Halo Brosis
Seperti
yang saya tulis di penutup artikel lalu mengenai fell perbedaan kampas kopling Honda verza asli dengan substitusi GL
series. Kali ini lebih spesifik saya akan menjabarkan perbedaan utama keduanya,
ya namanya beda harga beda juga impresinya ternyata.
Kampas
kopling original verza ada 2 macam kampas yang terdiri atas 2 kampas kopling
MR8-001 (bukan judger spring kecil macam tiger/mp) dengan dimensi yang sama
dengan 3 kampas kopling kode KPM, perbedaan keduanya adalah tonjolan tapak gigi
MR8 sedikit lebih lebar dengan selisih harga keduanya 8 ribu rupiah saja.
- Review Kereta Api Jayakarta Premium, Ekonomi Rasa Eksekutif
- Review Kereta Api Bisnis Gumarang, Satu-Satunya Jakarta-Surabaya
- Review Kereta Api GBMS, Termurah Surabaya-jakarta
- Review Pemakaian Xiaomi Redmi Note 4, Baterai Awet Parah
- Review Asus Max Pro M1, Worthed Tapi Gak Bagus-Bagus Amat
- Review Pemakaian Oli Amsoil Diesel Turbo Truck
- Review Pemakaian Oli Total Quartz 9000
- Review Mifi ZTE MF 90
Kampas
kopling ini sejatinya digunakan sejak new megapro sejak 2010 silam untuk
kemudian digunakan di verza sejak 2013 dimana pertama kali verza lahir. Jadi
jika brosis hendak membeli kampas kopling verza dikasih punya new megapro
sebenarnya memang keduanya sama dari segi mesin, yang perlu diingat hanya kode
kampas kopling saja MR8-001 sebanyak 2 biji dan KPM-850 sebanyak 3 biji.
Sedangkan
kampas kopling substitusi yang banyak di temui di pasaran adalah milik GL
series dengan kode 001 (kode tengah) yang banyak di jumpai di bengkel / penjual
sparepart di jual satu set/ paket berisi 5 biji kampas kopling.
Dimensi
dengan kamkop verza sama persis dengan jumlah kaki sebanyak 8 inilah solusi
hemat dan cepat jika hendak mengganti kamkop verza. Hemat karena harganya hanya
90 ribuan saja untuk satu set berisi 5 biji kamkop, cepat karena bisa
dipastikan semua toko/sparepart juga jual.
Berbeda Bahan
Setelah
saya perhatikan kedua kampas kopling tersebut memang memiliki perbedaan
khususnya dari segi bahan.
Kampas
kopling gl series bahannya lebih ke asbes hitam dengan sedikit campuran resin
terlihat ada bulir bewarna kuning emas seperti tembaga seperti kampas rem /disk
pad original ahm. Bobot kampas kopling ini terasa lebih berat dibanding kampas
kopling original verza baik dalam kondisi kering maupun setelah di celup oli.
Sedangkan
kampas kopling original bawaan verza terasa lebih ringan, hal itu karena bahan
yang diaplikasikan juga berbeda dimana kampas bawaan verza ini tonjolan
bintiknya dari bahan semi kain dengan sedikit campuran asbes.
Impresi, Beda karakter !
Untuk
memudahkan saya tulis karakter untuk setiap kampas kopling saja biar para
pembaca tidak bingung jika di campur aduk menjadi satu.
Kamkop GL Series
Sudah
2 kali saya memakai kampas kopling GL series ini di Honda verza, 1 kali 5
lembar 1 kali 4 lembar, kok 4 lembar ? yap karena saya pakai punya grand yang
secara fisik sama plek dengan punya GL series hanya jumlah hanya 4 biji.
Jadi
bisa di bilang 1 kali pakai pure 1
set , 1 nya oplos pakai 1 kamkop bawaan, tapi yang saya rasakan dalam pemakaian
karakter pemakaian keduanya sama.
Keunggulan
utama atau benefit yang di rasakan menggunakan kampas kopling seharga 90 ribuan
ini adalah tarikan yang lebih responsif di putaran bawah. Akselerasi paling
terasa bedanya digunakan crusing di 0
sampai 60 km / jam memakai kamkop ini jelas lebih terasa responsif, tarikan
ngisi dan kinerja kopling serasa lebih menggigit.
Tapi
semua buyar saat menginjak putaran atas atau di atas 70 km/ jam , disini
tarikan tidak segalak kamkop bawaan verza. Kemudian soal ketahanan saat panas
kinerja kopling menurun drastis kadang juga mulai selip dan miss gear.
Kehalusan saat shifting pun tidak sehalus kamkop bawaan verza bagi saya pakai
kamkop GL series shifting agak kasar tapi masih dalam batas toleran untuk
digunakan sehari-hari, sempat kepikiran setelan kopling yang kurang pas tapi
setelah dicoba beberapa kali setelan kopling hasilnya sama saja, toh lama-lama
akan terbiasa.
- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- Sport Fairing Non Jepang Murah, Punah !
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
Terakhir
adalah soal durability, setahun pakai
saat bongkar lalu kamkop sudah hampir habis dan gosong, begitu juga dengan impact-nya ke plat kopling yang juga
tergerus lumayan dari semua plat kopling berjumlah 4 buah semuanya sudah
menghitam tanda tergerus kampas kopling. Jadi pada intinya
+
harga murah
+
mudah di dapat
+
tarikan bawah responsive
-
putaran atas (up to 70) flat
-
cepat habis
-
shifting agak kasar
-
saat panas peforma menurun
Kamkop Bawan Verza
2
kali memakai kamkop ini, 1 kali bawaan motor sampai berumur 3 tahun, dan 1 kali
barusan saya pasang setidaknya 2 kali tersebut menghasilkan impresi yang
identik.
Dengan
harga yang lebih mahal, nyatanya untuk putaran bawah atau akselerasi dengan kampas
bawaan tidak segalak dibanding kamkop GL series tapi nggak pakai banget kok
bedanya, tapi lumayan terasa adalah 0-70 km perjam dengan kamkop bawaan verza
terasa lebih flat.
Tapi
rasa flat akselerasi awal tersebut dibayar lunas saat dipakai dalam kondisi
apapun, termasuk bermacet-macet ria dengan cuaca panas selama berjam-jam
peforma kopling terasa konsisten tidak ada gejala selip atau drop, shifting
gigi persneleng pun lebih smooth baik pakai setelan kopling apapun hasilnya
tetap sama saja alus caak.
Apalagi
buat yang demen touring yang memerlukan durability
dan konsistensi kinerja kopling kamkop ini lebih baik berdasarkan impresi saya.
Putaran atas terutama di atas 70 km/jam pun masih terasa bisa ngisi sampai top
speed 110-115 km/ jam , juga soal keawetan tentu saja kamkop bawaan ini lebih
awet, setidaknya degradasi/ penurunan kamkop selama 3 tahun dibanding kamkop GL
selama 1 tahun hampir sama. jadi pada intinya
+
Power Merata
+
Awet
+
Peforma Stabil
+shifting halus
+shifting halus
-
harga lebih mahal
-
Akselerasi Bawah inferior
-
tidak semua toko/ bengkel jual (inden)
Kesimpulan, Pilih Yang Mana ?
2
kampas kopling di atas tentu masing-masing memiliki plus dan minus yang
dibawanya. Tapi agar lebih afdol sederhananya begini saja.
Buat yang demen tarikan
responsif tapi umur tidak terlalu lama
bisa pilih pakai kamkop GL series. Tapi, jika demen riding standart bawaan
verza dan lebih mementingkan keawetan umur kamkop bisa pilih kampas original
bawaan verza. Tentu saja faktor
harga dan ketersediaan barang bisa dikesampingkan mengingat letak tempat dan
budget setiap user berbeda-beda.
Info tambahan
kabarnya
untuk kampas kopling gl series satu set yang tersedia di pasaran adalah versi
oem dengan label Honda karena motor yang sudah discontinue, untuk motor yang masih diproduksi masih menggunakan
versi pack bijian dengan bungkus plastik.
Lantas
apakah versi satu set dengan bungkus karton adalah palsu ?, tidak brosis , saat
saya tanya di ahass part kampas kopling motor yang sudah discontinue seperti kamkop grand,sufit, karisma/suprax 125, gl max,
tiger, megapro primus, memang saat ini hanya
tersedia tersedia versi satu set kemasan karton (kecuali kampas kecil/judger
spring tetap kemasan plastik terpisah) jadi fix kemasan karton satu set adalah sparepart asli yang dijual Honda
tapi untuk motor keluaran lama yang sudah discontinue.
Ada
juga yang menginfokaan jika kemasan plastik / bijian adalah versi impor japan
dengan produsen fcc, dan kemasan karton adalah versi lokal (Indonesia), tapi
ini masih info simpang siur dan saat saya tanya orang ahass pun tidak
mengiyakan juga tidak menampik.
Semoga Bermanfaat
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
- Lampu Halogen, Jangan Pegang Kacanya !
- Motor Bebek Konvensional, Banyak keunggulannya Loh !
- Patokan Ganti Oli
- Substitusi Sparepart, Rahasia Motor Honda tetap Eksis
- Pilih Velg palang Atau Jari-Jari ?
- Sparepart Motor Yang Sering Dipakai Non Originalnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar