Halo Brosis
Sudah
4 bulanan lebih sejak pertama kali tuang oli total quartz 9000 di Honda verza,
pada impresi pertama di 1500km pemakaian lalu jelas tq9k dengan viskositas
5w-40 ini sesuai harapan, meskipun sudah pasti dengan beberapa catatan.
Lantas
setelah 4 bulanan pemakaian dengan jarak tempuh lebih kurang 5500 km apakah ada
perubahan?, sudah pasti yang namanya dipakai seiring berjalannya waktu pasti
sedikit banyak ada perubahan.
- Review Helm Joy Helmet
- Menjelang 5 Tahun Kualitas Body Honda Verza, Ternyata
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO & PCMO, Semua Tentang Enak dan Tahan Lama
- Ganti Aki Federal Quantum
- Review Kereta Api Jayakarta Premium
- Review Kereta Bisnis Gumarang
- Review Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan
- Ganti Kampas Kopling Verza Pakai GL Series
Parameter
tes masih sama seperti yang saya tulis pada impresi awal pemakaian lalu, motor
verza, rider sudah pasti saya sendiri, rute dalam kota sidoarjo-surabaya
terkadang sesekali di akhir bulan ke luar kota. Kadang boncengan tapi lebih
sering sendi rian, riding style tentu saja semaunya tangan, hehehe, tapi akhir-akhir
ini lebih condong agresif maklum cuaca panas suka gerah dan naik darah terlebih
pas di jalan ada yang sruntulan.
O
iya bbm sudah pasti pertalite forever, jangan Tanya kenapa nggak pertamax
apalagi kenapa nggak pertamax turbo.
Dimulai
dari yang tidak berubah, yap selama pemakaian peforma tq9k yang saya rasakan
amat sangat sangat konsisten selama pemakaian. Setidaknya 2 hal yang terjaga
alias tidak berubah dari awal sampai akhir pemakaian adalah soal efek konsumsi
bahan bakar & responsifitas.
Soal
konsumsi bahan bakar di impresi awal sampai akhir konsisten ada di rentang
70-83 km untuk setiap bar indicator bbm di verza (BAR BUKAN LITER), untuk angka
persis setiap liternya mohon maaf saya kurang tahu tapi perkiraan ada di angka
50-55 km. angka ini jelas lebih irit dibanding pakai oli viskositas lain
seperti 10-30,10-40 atau bahkan 15-40.
Jika
dibandingkan dengan amsoil ADO dengan viskositas yang sama saya rasa mirip2
alias nggak jauh beda konsisten paling boros 70 km untuk setiap bar indicator
bbm. Inilah salah satu factor keunggulan oli dengan viskositas 5w apalagi dengan
rentang viskositas yang lebar (5-40) bisa dibilang panas dingin oke.\
Soal
responsifitas pun juga tetap konsisten alias tanpa perubahan berarti, menjelang
5000 km an lebih pemakaian pun di verza akselerasi tetap terjaga tentu khas
pcmo dengan engine brake yang minim yang sebenarnya karakter yang tidak saya
suka.
Kemudian
soal ketahanan meredam panas mesin, tq9k menurut feeling saya sudah sama dengan
ADO pasca impresi awal pemakaian, saat digunakan bermacet-macet ria baik di
pagi, siang, maupun sore hari nggak ada gejala ngempos karena kepanasan, hal
ini sebenarnya yang membuat surprisingly
karena ini bukan hdeo yang perkasa di kala panas, mengingat juga saat
pemakaian ini suhu cuaca sedang terik-teriknya musim panas, walhasil untuk
kestabilan peforma & terjaganya suhu mesin tq9k saya acungi jempol.
Suara agak kasar, oper gigi
persneleng terkadang miss&selip
Pada
impresi awal pemakaian tq9k saya amat sangat memuji suara mesin yang halus dan
ngebas di motor saya. Tapi selang 4000km pemakaian ke atas suara tidak sehalus
di awal pemakaian bahkan dibanding amsoil ADO suara tq9k sedikit agak kasar di
atas 4000km pemakaian, tapi tenang itu hanya saat jalan konstan dan stationer,
tapi saat di kick down lalu gas pol
suara ngebasnya tetap ada.
Kemudian
saat oper gigi persneleng juga demikian tidak sehalus di impresi awal
pemakaian, sama seperti amsoil ADO di atas 4000km oper gigi persneleng tidak
sehalus di awal pemakaian, tapi masih lebih halus dibanding mco oem pabrikan
loh. Oh iya gejala miss& selip juga kadang2 ditemui , tapi note ini masih
bisa diperdebatkan bisa saja kondisi kopling entah setelan atau daleman yang
(kemungkinan) kurang sehat dan kurang pas setelannya.
Kesimpulan
Dengan
harga 25 ribuan, eh ralat 110-130 ribuan tq9k 5w-40 saya rasa masih sangat pas
dan worthed untuk dipakai setidaknya
bagi saya yang merasakan dan tuang demikian. Tentu saja meski begitu t9k masih
ada sisi minus/kekurangan seperti yang saya sebutkan di atas.
Tapi strength paling kuat menurut saya dari
oli dari pabrikan Prancis ini dari kestabilan peforma dan suhu yang sangat
stabil selama pemakaian, plus tentu saja yang susah untuk menolak dan
menghindarinya adalah konsumsi bbm yang lebih hemat dibanding memakai oli visko
lain, so buat yang cari oli yang jos
di kondisi panas dingin plus sensasi nglunyur saat tutup gas khas pcmo tq9k ini
bisa dipertimbangkan.
Hanya
memang nggak semua toko jual, hehehe
Semoga bermanfaat
- Touring Ke Lombok Part 1, Bikepackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan
- Touring Ke Lombok Part 3, Keliling Bali
- Touring Ke Lombok, Total Biaya Ngirit Banget !
- Kedung Jembar Malang, Wisata Yang Tersembunyi
- Touring Pakai GPS Atau Tidak , Enak Mana ?
- 5 Tujuan Touring Bagus di Jawa Timur
- PemakaianYamalube Carbon Cleaner di Honda Verza
- Sparepart Substitusi Honda Verza
- Ganti AkiFederal Quantum
- Substitusi Filter Oli Yamaha, Pakai Punya Suzuki
- Volume Oli Gardan Motor Matic
- Ekspedisi WahanaLogistik, Alternatif Kirim Paket Harga Murah
- Gak Suka Modif,Mending Upgrade Part Ini
- Ban Tubeless,Harusnya Jadi Standar motor Zaman Now
Mantap Om.
BalasHapusDitunggu review oli lainnya Om.... Hehe
Om, coba review oli elf vent vert hehe . Gmn impresinya?
BalasHapusSome people told me, that the quality of this oil is not high, though, I personally never used it. Can anybody tell me more about it?
BalasHapus