pada bagian tangki bukan memudar, tapi kena bias cahaya |
Halo Brosis
Ada yang bilang motor zaman now itu nggak awet atau
kualitasnya nggak sebagus motor keluaran lama, tapi apa benar demikian
Ehhhmm, kalau menurut
saya sih bisa iya bisa juga tidak, atau iya tapi syarat dan ketentuan berlaku
dong. Yap memang tidak bisa di pukul rata sama semua motor, tapi kalau saya sih
kembali lagi ke perawatan, karena sebagus apapun motor kalau nggak bisa merawat
ya percuma.
Tapi kembali lagi apa
benar seburuk itu kualitas motor zaman sekarang ? , iseng-iseng di rumah ada
verza yang masih motor keluaran 2013 atau bisa di bilang hampir 5 tahun bulan
Agustus esok. Termasuk motor yang paling baru di rumah, karena honda revo di
rumah keluaran 2008 dan jupiter mx yang produksi 2007.
- Impresi Pemakaian Oli Amsoil ADO di honda Verza
- Review Oli prima xp10w-40
- Review Oli PertaminaFastron Techno
- Volume Oli Gardan/Transmisi Motor Matic
- Review Pemakaian XiaomiRedmi Note 4
- Review 4 Tahun HondaVerza
- Review Oli DeltalubeDaily 757
- Tentang Oli Curah
Verza ini motor murah,
istilahnya motor kasta terendah line up sport honda saat ini, harganya dibawah
20 juta rupiah, fitur seadanya tampang pun sederhana, maklum istilahnya motor
pekerja capek. Selama pakai verza pun saya nggak perlakukan terlalu istimewa
alias biasa-biasa saja, kotor di bersihkan, setelah kehujanan di cuci, ganti
oli 5 ribu km sekali, servis mesin dan injeksi pun sudah jarang-jarang.
Sampai saat ini untuk
kebersihan verza saya belum pernah kepegang tukang cuci motor karena saya cuci
sendiri, bersihkan sendiri, kenapa ? lebih murah itu saja menurut saya.
Lantas setelah hampir 5
tahun bagaimana kualitas honda verza ?, sejauh ini sih fine2 saja, tapi lebih
detail bisa di simak beberapa penampakan bagian motor verza hampir 5 tahun
umurnya berselang.
Swing
Arm Karat dan Cat Mengelupas
Bagian paling terlihat
mata, yaitu pada bagian ujung swing arm sebelah kiri dekat gear belakang,
dimana cat hitamnya mulai mengelupas, dan pada sisi ujung kotaknya juga
demikian terkelupas. Di sisi kanan pada bagian mur as roda belakang ada bercak
karat dan pada sisi bagian dekat tutup tromol pun demikian.
kolong swing arm dominan cat mengelupas |
Beranjak ke di kolong
depan, cat juga mengelupas, overall untuk bagian swing arm dominan cat
mengelupas dan karat.
Holder
Stang Warna Memudar
Setidaknya sudah pernah
1 kali saya cat, dan pasca 2 tahun setelah pengecatan warna kembali memudar.
Shuter
Key bocel
Rumah shuter key juga
dominan ada baret, hal ini menurut saya lumrah mengingat saya sering terkena
ujung anak kunci jika tidak tepat memasukkan ke lubang kunci,
knalpot masih oke, no keropos |
Knalpot
Pada bagian exhaust
overall masih lumayan, baret ada dominan di ujung dan munfler dan cover
knalpot, oh iya cover knalpot sudah saya cat 1 kali 2 tahun lalu. Untuk bagian
yang menguning hanya di bagian bawah (horizontal) dekat lupang pembuangan air
selebihnya seperti di leher knalpot masih terlihat hitam.
- Review Joy Helmet, Mungil Yang Lumayan
- Review Evercoss Genpro X
- Review Kereta Api Bisnis Gumarang
- Review Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan
- Review Jaket Corvus, Murah Tapi Matching
- Review Final Gear 15-41 di Honda Verza
Plastik
Doff/kulit jeruk
Pada bagian plastik
doff atau kulit jeruk di verza ada 4 bagian yaitu konde penutup speedometer,
cover body tengah kanan dan kiri dan spakbor belakang, semuanya tampak masih
hitam, hal ini karena saya cuci jika kotor dan lap plus kit sampai bersih.
Planger
Planger hanya memudar
catnya pada bagian ujung belakang, menurut saya maklum karena sering dibuat
pegangan, plus pengikat tali saat memuat barang.
Body
& Tangki
Body ada baret di
beberapa bagian yakni di sisi kiri itupun karena bergesekan dengan tali saat
saya mengikat barang di belakang, slebor depan pun agak belang karena tersiram
minyak rem beberapa waktu yang lalu.
Tangki motor so far
masih oke, belum pernah kuras atau di turunkan, hanya terdapat penyok di sisi
kanan karena terbentur pagar, warna pun masih oke meskipun di punggung tangki
agak sedikit memudar karena terkena paparan panas.
- Mengenal Oli HDEO dan PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap Untuk Sesat
- Pemakaian Yamalube CarbonCleaner di Honda Verza
- Sparepart SubstitusiHonda Verza
- Ganti Aki FederalQuantum
- Substitusi Filter OliYamaha, Pakai Punya Suzuki
- Ekspedisi WahanaLogistik, Alternatif Kirim Paket Harga Murah
- Kode Sparepart Disc Pad Motor Honda
- Ban Tubeless, HarusnyaJadi Standar motor Zaman Now
- Impresi Toyota MotorOil Di Honda Verza
Overall , masih tergolong lumayan kalau menurut saya, hanya di dominasi cat yang pudar di beberapa bagian
itupun karena terkena umur, lainnya seperti baret dan penyok murni karena human
error selama pemakaian.
Semoga Bermanfaat
- Touring Ke Lombok Part 1, Bickpackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan+View Rinjani, Surga !
- Touring Ke Lombok Part 3, Pantai Pandawa Dan Capeknya Terasa
- Touring Ke Lombok Part 4, Total Biaya Model Ngirit
- 7 Rute Touring Asyik Di Jawa Timur
- 5 Tujuan Touring Asyik di Jawa Timur
bjr, veve sy beberapa hari ini cm bisa nyala pake kick starter aja nih, jadi kunci kontak di on itu panel tetep mati dan dipencet starter pun gak terjadi apa2... nah kan bjr sering ksh solusi 'kere hore' nih, apa yg harus sy lakukan nih biar motor kembali sediakala tanpa menguras dompet terlalu dalam ? :l
BalasHapuscek aki, kalau tegangan sudah lemah, biasanya salah satu dikorbankan untuk mengalirkan daya untuk fuel pump.
Hapuskalau tegangan aki normal kemungkinan besar dari sekringnya