Halo Brosis
Sudah
lama motor matic yang beredar di Indonesia kebanyakan menggunakan kaki-kaki
dengan diameter roda 14 inch, tentu saja tidak hanya 14 inch , ada juga lingkar
yang lebih besar seperti 16 inch meski saat ini sudah tidak ada lagi, tercatat
hanya piagio liberty , suzuki skywave, dan suzuki hayate yang menggunakan
lingkar roda terbesar untuk matic mainstream.
Lalu
ada yang menggunakan lingkar roda kombinasi depan-belakang berbeda seperti Xmax
dimana depan 15 inch dan belakang 14 inch. Yang lebih kecil ? ada yamaha nmax
dengan lingkar roda 13 inch.
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO&PCMO di Motor, Semua Tentang Enak & Tahan Lama
- Mengenal Oli HDEO & PCMO Pertamina, Pilihan Lengkap untuk Sesat
- Euro 4 Resmi di Indonesia, Apa Kendala, Efek, dan Manfaatnya ?
- Motor Sport Fairing Non Jepang Harga Murah, Punah !
- Penutup Rantai Model Tutup Full, Sebenarnya Fungsinya Maksimal
- Memaksimalkan Fungsi Kick Stater Untuk Memperpanjang Umur Aki
- Gak Suka Modif ?, Mending Upgrade Part Ini !
Lingkar
kaki 12 ada juga di motor piagio yang sebenarnya segmented sebagai motor matic
semi premium, baru honda dengan new Scoopy LED di 2017 lalu kembali booming
roda 12 inch lalu, yang fresh ada yamaha freego dengan diameter yang sama 12
inch.
Sebenarnya
matic dengan roda 12 inch bukanlah sesuatu yang wah banget, bahkan di luar
negeri gak usah jauh-jauh tengok negeri nongpoy (Thailand) sudah lazim
menggunakan diameter roda 12 inch, bahkan tidak hanya matic, motor bantet kecil
seperti monkey ksr dan sejenisnya pun juga menggunakan lingkar roda yang mini
loh,
Antara Feel Berkendara,
Ikut Desain, dan Tampil Beda Saja
Lantas
apa alasan digunakannya di motor matic semi mainstrem di skutik Jepang macam
Scoopy dan Freego. Sebenarnya jawaban sahih/teknisnya tidak ada, tapi dari apa
yang saya cari penggunaan roda 12 inch dengan rasio yang lebih lebar (biasanya juga tebal) memberi
fell berkendara yang baik entah itu
kestabilan atau handling.
Lalu
ada yang berakar karena desain mau tak mau harus memakai roda 12 inch ini
sekaligus sebagai sesuatu untuk mengemas
produk yang tampil beda saja dari kacamata saya, seperti new scoopy yang
mencari desain se-compact mungkin
untuk tampil semenarik mungkin dan freego yang mengincar bagasi bawah jok yang
lebih luas keduanya tentu dibantu dengan roda 12inch toh untuk mencapai apa
yang diinginkan dari motor tersebut.
Tidak mencolok
perbedaan
Secara
perbedaan dengan 14 inch sebenarnya tidak terlalu ada perbedaan mencolok dengan
12 inch, seperti soal tinggi atau segitiga berkendara, terbukti di honda scoopy
12inch malah lebih tinggi (ground clearance) sedikit dibanding versi lama 14
inch (selisih 3mm). Begitu juga freego yang meski tampil padat dan bantet
sekalipun motor tersebut jauh dari kata pendek.
- Helm Joy Helmet
- Menjelang 5 Tahun Kualitas Body Honda Verza, Ternyata
- Satu Tahun Pakai Oli HDEO & PCMO, Semua Tentang Enak dan Tahan Lama
- Ganti Aki Federal Quantum
- Ganti Kampas Kopling Verza Pakai GL Series
Semua
perbedaan yang harusnya kentara tersebut sebenarnya hanya soal bagaimana
pabrikan mengatur geometri sasis dan suspensi saja, diameter roda 12 inch ya
mau tidak mau sasis nggak boleh sama dengan motor diameter roda 14inch bisa
tenggelam tuh motor, begitu juga suspensi pun tidak bisa sama.
Diameter lebih kecil
tapi lebih lebar dan tebal sebagai
kompensasi
Jika
old scoopy hanya butuh kombinasi lebar velg dan ukuran ban 185inch (depan) ban
80/90 dan 215 (belakang) ban 90/90, maka new scoopy butuh lebar velg lebih
lebar 215 depan dan 250 belakang dengan kombinasi ban lebih lebar yaitu 100/90
depan dan 110/90 belakang.
Jadi
semakin kecil diameter roda wajib hukumnya memperlebar ukuran ban untuk
mendapatkan ground clearance yang minimal sama, tidak lupa profil ban juga
diperhatikan rasio lebar x tingginya dimana baik new scoopy maupun freego
menggunakan profil tinggi rasio 90% dari lebar bannya.
Lalu Apakah Semua matic
mainstream akan pakai roda 12 inch
Sepertinya
sulit untuk berkata iya, tapi sukar juga untuk mengatakan tidak, hal itu tentu
akan berkaitan dengan segela aspek seperti akan digunakan “seperti apa motor tersebut”, bagaimana kondisi jalan yang dilalui, dan apakah
harus/urgent hijrah dari roda 14 ke 12 inch.
Dilihat
dari medan jalan yang dilalui, design dan target pangsa motor, dan urgensi
hijrah keputusan untuk memakai diameter roda 12 inch masih belumlah tepat untuk
motor matic mainstream di Indonesia seperti beat,vario,mio,addres, nex dan
sejenisnya.
Medan
jalan di Indonesia tentu masih jauh dari kata nyaman untuk bikers roda dua
terutama matic, motor sport saja terbantu dengan diameter roda 17/18 inch plus
kombinasi travel fork/ suspensi depan yang lebih panjang serta pilihan
lebar ban yang bervariatif untuk setidaknya meminimalisir efek buruknya kondisi
jalan.
Dengan
diameter 14inch sebenarnya adalah batas limit untuk nyaman di segela medan,
itupun sebenarnya nggak nyaman-nyaman banget alias ngepas, ada nmax dengan
dimensi 13 itupun sudah terbantu dengan dengan geometri sasis dan suspensi depan plus dimensi yang
bongsor.
Kemudian
seberapa urgentnya untuk beralih dari 14 ke 12 inch , tidak adalah alasan
mainstrem sebenarnya, toh jika dulu di diameter 18 atau 16 inch terbentur oleh
minimnya variasi pilihan ban, tapi di diameter 14 inch saat ini pilihan ban
justru melimpah ruah . mau ukuran berapapun ada mulai lebar cungkring seperti
70 atau gambot sampai up to 140 pun ada, bisa di bilang diameter roda 14inch
adalah paling banyak variasi ukuran setelah 17 inch.
Meski
begitu sukar jika menaifkan tidak akan beralih ke 12 inch untuk matic
mainstream, tentu jika ada alasan kuat seperti pabrikan akan berorientasi
global sehingga membuat sama persis di setiap negara tentu alasan itu
sebenarnya perkara lain, tapi toh alasan kuat seperti itu bisa dimentahkan
karena pangsa motor matic mainstream yang terbesar adalah di Indonesia, jadi
untuk matic mainstream sepertinya pabrikan akan menyesuaikan input dari bikers
tanah air terkecuali untuk segmen matic tertentu ,
biarlah pasar akan
menyeleksi mana yang layak untuk dibeli,
- Touring Ke Lombok Part 1, Bikepackeran Tanpa Pikir Panjang
- Touring Ke Lombok Part 2, Sunrise Gili Trawangan
- Touring Ke Lombok Part 3, Keliling Bali
- Touring Ke Lombok, Total Biaya Ngirit Banget !
- Kedung Jembar Malang, Wisata Yang Tersembunyi
- Touring Pakai GPS Atau Tidak , Enak Mana ?
- 5 Tujuan Touring Bagus di Jawa Timur
- PemakaianYamalube Carbon Cleaner di Honda Verza
There are those who use different front-back combination wheel rims such as Xmax where the front is only fifteen inches and the rear is fourteen inches.
BalasHapus